Sejak Kapan jadi Pemain Futsal..? harus tau peraturan Futsal

Sejak Kapan jadi Pemain Futsal..? harus tau peraturan Futsal, Olahraga futsal telah terkenal di berbagai kalangan di Indonesia, dari anak kecil, remaja, orang dewasa, baik pria maupun wanita. Futsal adalah sebuah bentuk permainan olahraga bola yang cara bermainnya dilakukan oleh 2 regu atau tim (jumlah pemain pada masing-masing tim sebanyak 5 orang termasuk penjaga gawang).

Seperti halnya pada permainan sepak bola, tujuan dari futsal ialah mencetak gol sebanyak mungkin dengan cara memasukkan bola ke dalam gawang lawan menggunakan kaki atau dengan anggota tubuh yang lainnya kecuali tangan.

Asal usul olahraga futsal memiliki sejarah yang cukup panjang hingga sampai ke Indonesia. Awal mulanya permainan ini dipopulerkan oleh seseorang bernama Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 di Uruguay dan setelah itu berkembang dengan pesat di Brazil tahun 1936 hingga dibuatlah sebuah ketetapan tentang peraturan dalam permainan futsal.

Karena semakin populernya olahraga futsal, ada baiknya teman-teman mengetahui berbagai aturan sebelum mencoba bermain. Berikut ini adalah deretan peraturan futsal yang patut diketahui!

1. Lapangan dan Gawang

Lapangan Latihan Black Hole

Peraturan futsal untuk ukuran lapangan futsal internasional sesuai ketetapan dari FIFA yaitu memiliki panjang 38-42 meter sedangkan untuk lebar lapangan pertandingan antara 18-25 meter. Berbeda halnya untuk standar nasional ataupun regional memiliki ukuran yang lebih kecil. Tebal garis lapangan futsal yaitu 8 cm untuk semua ukuran garis yang terdapat di dalamnya.

Baca selengkapnya  Ini alasannya, Jangan Berlebihan Membanggakan Diri Sendiri

Sedangkan fungsi garis tengah, samping, daerah penalti dan garis lainnya yang ada pada lapangan permainan memiliki kegunaan masing-masing. Bentuk dan ukuran gawang futsal juga telah ditentukan dalam peraturan seperti panjang, lebar mistar gawang dan tinggi tiang atau palang gawang.

2. Bola

Black Hole Ball

Lingkaran bola futsal memiliki ukuran minimal 62 cm dan maximum 64 cm. Peraturan futsal untuk bola memiliki sedikit perbedaan dengan yang ada pada olahraga sepak bola termasuk bahan dasar yang digunakan, diameter lingkaran, berat dan tekanan serta pantulannya.

3. Pemain

Black Hole
Black Hole United

Peraturan futsal untuk jumlah pemain yaitu sebanyak 5 orang termasuk penjaga gawang (Goal Keeper) dan ditambah dengan beberapa pemain cadangan. Beberapa perlengkapan untuk pemain futsal dan juga kiper diantaranya adalah kaos / kostum PraLaga, celana, sepatu, kaos kaki, dekker atau shinguards.

4. Wasit

Wasit Keren

Dalam permainan futsal terdiri atas beberapa macam wasit yaitu seseorang yang ditunjuk sebagai wasit utama untuk memimpin jalannya pertandingan ditemani oleh wasit kedua serta dibantu pencatat waktu dan wasit ketiga.

Masing-masing memiliki fungsi dan tanggung jawab sendiri-sendiri yang harus dilaksanakan dengan baik sehingga pengetahuan tentang peraturan futsal untuk wasit paling terbaru menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.

5. Waktu

Ngopi itu penting…

Peraturan futsal untuk waktu pertandingan yaitu dilakukan dengan durasi selama 20 menit pada pertandingan resmi internasional sesuai ketentuan dari FIFA. Sedangkan lama waktu istirahat tidak boleh lebih dari 15 menit dan masing-masing tim juga diberi kesempatan untuk meminta waktu time out selama 1 menit.

Tendangan kick off dilakukan untuk memulai suatu pertandingan dan permainan diakhiri dengan bunyi peluit wasit ketika pencatat waktu memberikan petunjuk.

6. Penentuan Gol, Skor, dan Pemenang

Keseleo kayaknya

Peraturan futsal berikutnya adalah gol dianggap sah dan tidaknya pada permainan futsal yaitu dengan melihat posisi bola. Apakah seluruh bagian bola sudah melewati garis diantara mistar dan tiang gawang atau belum.

Baca selengkapnya  Jasa Konsultan Bisnis untuk mensukseskan Perusahaan anda Tlpn/WA 0812-8146-1886

Cara untuk menentukan pemenang pertandingan dalam futsal dilakukan dengan diberikan perpanjangan waktu tambahan untuk kedua tim atau dilakukannya tendangan adu penalti.

Pada pertandingan untuk partai home away bisa dilakukan dengan menghitung jumlah selisih gol dari nilai yang dihasilkan pada gol tandang.

7. Tendangan Sudut, Pembersihan Gawang, dan Tendangan ke Dalam

test keeper

Permainan futsal sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan sepak bola tetapi sedikit berbeda pada pelaksanaannya. Peraturan futsal untuk tendangan sudut dilakukan dari salah satu pojok lapangan yang terdekat dengan posisi bola ketika meninggalkan lapangan.

Pembersihan gawang pada futsal dilakukan dengan cara bola dilempar oleh penjaga gawang kepada teman satu timnya. Untuk peraturan tendangan ke dalam futsal dilakukan dari garis samping atau pembatas lapangan dimana posisi bola berada dalam keadaan diam tak bergerak dan bola ditendang dalam waktu 4 detik.

8. Sanksi Disiplin dan Pelanggaran

Damai itu indah

Peraturan futsal berikutnya adalah tentang sanksi disiplin dan pelanggaran. Beberapa jenis pelanggaran dalam permainan futsal dapat menyebabkan seorang pemain terkena sebuah peringatan dari wasit berupa sanksi disiplin karena dianggap telah melakukan kesalahan atas kalakuan tidak sopan yang bisa berakibat dikeluarkannya dia dari lapangan pertandingan.

BACA JUGA BIAR GAK KETINGGALAN INFO : MATA UANG LIBRA MILIK FACEBOOK

Fungsi diberikannya kartu kuning dan kartu merah dalam futsal juga memiliki kegunaannya untuk memberitahukan bahwa pemain yang bersangkutan telah diberikan sebuah peringatan keras oleh wasit maupun mendapat hukuman pengusiran keluar lapangan permainan.

9. Akumulasi Pelanggaran

Goyang mang

Dalam pertandingan terdapat sebuah peraturan futsal tentang pelanggaran yang dihitung oleh wasit sebagai pelanggaran akumulasi. Sebuah tim yang telah melakukan 5 pelanggaran oleh pemainnya pada tiap babak akan tercatat dan mendapat hukuman tendangan bebas langsung dengan posisi tendangan dari tempat yang ditentukan wasit.

Baca selengkapnya  klaim dana BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah

10. Tendangan Bebas dan Penalti

nomor 7

Pada permainan futsal terdapat dua jenis tendangan bebas dalam pertandingan yang mungkin sering kita jumpai juga pada permainan olahraga sepak bola yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Dalam permainan futsal memiliki aturan tersendiri tentang posisi bola, jarak dan prosedur cara melakukan tendangan bebas yang harus dilakukan dengan betul oleh pemain di dalam lapangan pertandingan.

Posisi tendangan bebas langsung maupun tidak langsung harus dilakukan dari titik yang telah ditentukan oleh wasit dan jarak pemain dengan bola harus mentaati peraturan yang berlaku.

Peraturan futsal tentang tendangan pinalti dilakukan pada jarak 6 meter dari garis gawang sedangkan jarak titik penalti kedua dari gawang yaitu berjarak 10 meter. Seorang penjaga gawang juga harus mengetahui tentang peraturan kiper futsal saat terjadi tendangan pinalti.

Ada banyak penyebab seorang pemain mendapat hukuman tendangan bebas maupun penalti dalam futsal yaitu karena adanya sebuah kesalahan yang dilakukan pemain dan dianggap oleh wasit layak untuk mendapatkan sanksi pelanggaran.

Jadi, itulah deretan peraturan futsal yang perlu diketahui sebelum bermain, mau tau team black hole..? klik disini

Mau belajar membuat website dari dasar tanpa harus jago koding

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

five × 3 =

shares