Rahasia Menulis Sales Letter

Rahasia Menulis sales letter, Sales letter merupakan tulisan pada website yang berfungsi untuk mempresentasikan produk anda kepada pengunjung/traffic sebaik mungkin sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk anda/mengkonversi penjualan.

Karena sales letter bertugas mempresentasikan produk kita maka didesain sebaik mungkin dapat menarik hati konsumen. Sehingga akhirnya mereka mau memutuskan untuk membeli produk kita.

Rahasia Menulis sales letter

Perlu diingat!, sebagus apapun produk anda, jika sales letter anda jelek maka konsumen tidak akan pernah tahu manfaat yang diperoleh dari produk anda. Oleh karena itu jika anda menulis sales letter, berpikirlah dari sudut pandang konsumen. Karena dengan begitu mereka akan tahu manfaat terbesar setelah memiliki produk anda.

Sales letter menjadi penentu seberapa banyak pengunjung yang akan membeli produk yang anda jual.

Komponen dari sales letter ada 3 bagian, yakni :

  • Introduction = pengenalan
  • Body Copy= penawaran
  • Conclusion = kesimpulan

Berikut ini 10 Langkah Kunci Menulis Sales Letter :

  1. Headline:

    Headline haruslah singkat, padat dan jelas. Yang paling penting harus mampu menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat. Headline bertugas mengiring pengunjung untuk terus membaca sales letter. Harus cepat karena orang tak punya banyak waktu. Sekali headline anda gagal menarik perhatian, pasti efeknya terasa pada penjualan.

  2. Introduction.

    Setelah pengunjung tertarik dengan membaca headline yang kita tulis, selanjutnya lakukan pengenalan diri, apa latar belakang dan passion anda.

  3. Bangun Proxymity.

    Bangun kedekatan dengan calon pembeli produk anda. Caranya dengan meyakinkan mereka bahwa anda juga memiliki masalah yang sama. Jika yang anda tawarkan ebook training, maka jelaskan bahwa dulu anda juga mengalami kesulitan dengan mencari ebook training yang lengkap dan bermanfaat untuk bisnis online anda.

  4. Mulai Ajukan Solusi.

    Mulai sisipkan dalam bawah sadar target market anda mengenai solusi yang bisa ditempuh. Mungkin beli ebook, ikut training, dll.

  5. Informasikan Komposisi Produk dan Benefitnya.

    Jelaskan fitur apa saja yang mereka akan dapatkan dan jelaskan manfaat apa saja yang mereka dapatkan dari produk tersebut.

  6. Pencantuman harga.

    Rumus harga pergunakanlah ilmu penentuan harga yang secara psikologis membuat kesan tidak terlalu mahal. Itulah mengapa seorang internet marketer sebelum memberikan harga sebenarnya, ada harga coret. Sehingga memberi kesan pengunjung sangat untung dan sayang jika melewatkan penawaran ini. Masalah pembulatan harga, cukup penting diperhatikan bahwa secara psikologis calon pembeli lebih suka harga yang tampak menguntungkan. Misalnya Rp. 99.000,- lebih baik jika dibandingkan dengan mencantumkan harga Rp. 100.000,-

  7. Pasang CALL TO ACTION.

    Tombol beli sekarang, buy now, subscribe now,dll. Artinya, setelah pengunjung kita arahkan dengan penawaran yang sulit untuk ditolak, langsung berikan tombol untuk melakukan pembelian. Bisa tombol itu di linkan ke paypal, form order, atau strategi lain yang intinya langsung bantu calon customer melakukan transaksi.

  8. Kasih GARANSI.

    Hilangkan keraguan dari diri calon customer anda dengan garansi. Bisa garansi uang kembali jika tidak sukses dalam 30 hari, dll.

  9. Tambahkan bonus.

    Semua orang suka BONUS. Ya, semua orang suka jika dapat keuntungan tambahan. Cantumkan harga bonus yang anda berikan dan apa saja isinya. Tentu saja bonus harus berkaitan erat dengan produk yang anda jual. Dengan begitu calon customer anda nggak akan lari ke website orang lain.

  10. Lakukan Recap.

    Tulis pengulangan lagi secara singakat, totalan Value + Bonus berapa, Harga dan CALL TO ACTION lagi.

Baca juga ini : Rahasia sederhana ngeblog bisa berpenghasilan

Tambahan dari 10 di atas yang juga penting, yakni : harus ada Disclaimer. Penting menambahkan point disclaimer di bagian salesletter. Lalu juga bisa tambahakan sedikit FAQ (kayak tanya jawab singkat) mengenai hal hal yang mungkin sering ditanyakan berkaitan dengan penawaran anda.

Penting Dalam Membuat Sales Letter

Di bawah ini adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam berjualan online, terutama kaitannya dalam sebuah sales latter yaitu apa saja :

  1. Gambar

Tampilan gambar produk yang anda jual haruslah menarik, berkualitas baik dan cukup ringan sehingga website anda cukup mudah diakses. Seringkali pengunjung membatalkan niat untuk membeli hanya karena gambar yang kurang meyakinkan karena kurang menarik. Manusia cenderung lebih menyukai tampilan visual.

Pastikan penempatan gambar produk anda cukup strategis. Hindari memajang terlalu banyak gambar, pengunjung akan bosan dan bingung melihat tampilan website anda. Buatlah gambar yang meyakinkan dan terlihat bahwa anda cukup professional.

  1. Detil

Selain gambar, tuliskan juga review atau ulasan produk secara singkat. Berikan informasi yang cukup lengkap tentang produk yang anda jual. Apa kelebihan dari produk tersebut, bagaimana cara kerjanya, apa perbedaannya dengan produk orang lain dan sebagainya.

Baca juga ini : 9 rahasia sukses bisnis online

Intinya kenalkanlah produk tersebut secara maksimal tapi dengan cara menarik dan kreatif. Detil produk ini terbukti sangat mempengarui konversi penjualan.

  1. Urgensi

Tawarkan penawaran khusus dan dalam waktu terbatas untuk menciptakan urgensi. Tujuannya agar penunjung tidak terlalu lama berpikir tapi segera bertindak untuk membeli produk yang anda tawarkan. Bahkan jika perlu berikan bonus tambahan jika mereka order dalam waktu yang telah anda tentukan.

Jika tidak menciptakan urgensi maka pelanggan akan membutuhkan waktu lama untuk memutuskan membeli produk atau bahkan membatalkan niatnya untuk membeli,

  1. Testimoni

Seringkali untuk membeli sesuatu, orang lebih percaya jika sudah ada orang atau pihak lain yang sudah membuktikan kualiatsanya. Oleh sebab itu Anda perlu menampilkan testimoni atau kesaksian mengenai manfaat dari produk Anda. Bagaimana caranya? Ketika awal produk Anda launching, mintalah ulasan/testimoni kepada orang-orang berkompeten dalam menegnai produk tersebut.

Kemudian jika produk Anda sudah banyak terjual, jangan lupa mintalah juga testimoni langsung dari customer Anda. Saat permintan testimoni tersebut, sekaligus Anda juga bisa minta saran dan masukan untuk memperbaiki kualitas produk atau pelayanan di masa yang akan datang. Dengan demikian Anda akan mendapatkan 2 keuntungan.

Pertama testimoni gratis, kemudian kepuasan pelanggan lama karena mereka terkesan dengan Anda yang masih mau berkomunikasi dengan mereka.

  1. Identitas Anda

Menampilkan identitas diri anda berarti anda sedang membangun kepercayaan pengunjung terhadap website anda dan produk yang anda jual. Ada anggapan bahwa jika pemilik website tidak terang-terangan menunjukan identitas dirinya maka bisa jadi website tersebut adalah website penipuan dan sebagainya. Maka jika memang Anda niat berjualan secara baik, produk Anda berkualitas, silahkan tunjukan identitas Anda yang sebenarnya. Sertakan foto, no telepan yang bisa dihubungi, alamat email, akun media sosial,dll.

Itulah hal penting yang harus Anda perhatikan dalam penjualan terutama dalam sales letter Anda. Semoga bermanfaat.

Kiat Membuat Sales Letter Yang Mengkonversi Penjualan

Sales Letter adalah sebuah website/halaman yang berisi tentang deskripsi dari produk dan kalimat-kalimat marketing yang bertujuan untuk menjual produk anda. Sukses atau tidaknya sebuah sales letter bergantung sukses atau tidaknya sales letter tersebut mengkonversi penjualan.

Itulah mengapa sales letter dibuat semenarik mungkin. Buatlah agar calon customer anda tidak berani menolak penawaran yang anda lakukan. Caranya? Mari kita lihat dulu syarat membuat sales letter :

Loading Ringan

Ini syarat wajibnya. Pengunjung paling malas membuka website yang sukar diakses atau berat untuk loading. Lebih dari 11 detik waktu loading, maka pengunjung akan meninggalkan website anda.

baca juga ini : hak cipta di youtube

Gambar Menarik

Gambar-gambar yang menarik dengan kualitas gambar yang bagus sangat disenangi para pengunjung website anda. Buatlah tampilan gambar yang professional.

Penawaran Yang Menarik

Penawaran yang menarik menjadi ujung tombak untuk mengkonversi penjualan. Buatlah penawaran yang menguntungkan bagi calon customer anda.

Memuat Penjelasan Produk yang Detail

Penting untuk menjelaskan secara detail dari A sampai Z tentang produk yang ditawarkan. Benefit, How To Use, Garansi, Bonus, dan lain sebagainya.

Menampilkan Testimonial

Bukti dan bukan hanya sekedar janji adalah lebih ampuh dibandingkan bahasa penawaran apapun, karena dengan testimonial yang memuat masalah dan solusi akan menambah citra produk anda terangkat. Sebagian pelanggan lebih senang dengan memperhatikan pengalaman dari customer lain yang telah membeli produk anda.

Cara Order Dan Pembayaran Yang Mudah

Pastikan cara order dan pembayaran dapat dilakukan dengan mudah, jika perlu buatlah form order. Cara order yang rumit bisa membuat calon customer membatalkan transaksi.

Buat Profile Anda Yang Menarik

Buatlah Foto Profile yang menarik, berikan alamat yang jelas, dan bagaimana menghubungi Anda via handphone atau email, dll. Semuanya harus asli. Sehingga meyakinkan para pengunjung terhadap website dan penawaran yang anda lakukan.

Lantas bagaimana caranya agar pengunjung sulit menolak penawaran yang anda lakukan? Anda bisa gunakan beberapa teknik berikut ini :

Urgency – Menjadikan solusi atau penawaran kita sebagai yang terbaik buat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan calon customer sehingga ia akan membelinya

Scarcity – Menjadikan penawaran kita seperti barang yang langka, persediaan terbatas dan dalam waktu terbatas akan segera habis/sold out.

Testimonial – Meminta orang untuk memberikan testimoni tentang produk yang kita tawarkan. Ini merupakan social proof bahwa produk kita layak dan harus dibeli. Walau produk kita baru, tapi ada cara untuk mendapatkan testimoni yang sah dan autentik dari seorang customer. Sebelum launching anda bisa menawarkan produk secara gratis bagi mereka yang bersedia memberikan testimoni. Hal ini sah dilakukan dan anda mendapatkan review produk yang akan anda launching.

Bonus – Memberikan tambahan nilai terhadap penawaran kita. Jelaskan bahwa uang yang mereka bayar juga termasuk bonus-bonus yang nilai sekian rupaih lebih tinggi dari nilai produknya sendiri. Perlihatkan nilai/harga dari bonus yang diberikan agar lebih kelihatan nilai tambahnya. Misalkan : Dapatkan Bonus Ebook Seharga Rp. 300.000,- jika anda order sekarang!

Discounts – Tawarkan diskon dengan batas waktu tertentu. Buatlah waktu yang mendesak dan sangat singkat. Terangkan jika diskon hanya berlaku 2 hari dan setelah itu harga kembali normal.

Risk Removal – Pembeli menyukai pembelian tanpa resiko. Tawarkan jaminan/garansi uang kembali dalam waktu 2 bulan atau 60 hari. Sehingga calon customer  akan merasa punya cukup waktu untuk mencoba produknya tanpa kerugian apapun.

Share Artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

eighteen − 3 =