Pengertian website dan fungsinya terlengkap 2020

halo teman-teman, saya Edy sugianto fouder marketerjoss, kamu sedang mengunjungi website yang tepat, saya yakin pasti kamu sedang belajar website. saat ini kamu berada di halaman yang tepat.
pada artikel ini menjelaskan semua pengertian website dan fungsinya terlengkap 2020 Simak langsung penjelasannya ya!

Sejarah Website

Penemu website yakni Sir Timothy John” Regu dari” Berners- Lee, website yang terhubung dalam jaringan awal kali timbul pada tahun 1991.

Sir Timothy John

Iktikad dari Regu kala merancang website bertujuan mempermudah berbagi data pada sesama periset di tempat dia bekerja.

tepatnya bertepatan pada 30 April 1993, CERN (tempat Regu bekerja) mengumumkan kalau WWW bisa digunakan secara free oleh publik.

kala itu pula web boleh dimiliki oleh perorangan, ataupun organisasi serta industri.

umumnya ulasan dalam suatu web berbentuk topik spesial, ataupun kepentingan tertentu.

Sebuah website dapat berisi link yang menghubungkan ke web lain, demikian pula dengan web yang lain.

Perihal ini terkadang membuat perbandingan antara web yang dibuat perorangan dengan web yang dibuat oleh organisasi bisnis jadi tidak sama.

website ini tidak dapat berjalan jika tidak ditempatkan pada web server.

web server biasanya sudah dilengkapi dengan software spesial buat menanggulangi pengaturan pada web server.

dan juga menanggulangi layanan protokol HTTP (HTTP Server / https://) semacam Apache HTTP Server, ataupun Internet Information Services (IIS).

Penjelasan apa itu website

website adalah sebuah page yang menyajikan data baik dalam wujud tulisan, foto, suara, ataupun video yang diletakkan di dalam sebuah server/ hosting agar dapat mengaksesnya, dibutuhkan jaringan internet.

Situs web kerap pula diucap bagaikan website, site, web, ataupun web website. Suatu web supaya dapat diakses di internet dibutuhkan 2 komponen yang wajib terdapat ialah Domain serta Hosting.

Jenis website

para pembaca Pengertian website dan fungsinya terlengkap 2020, Ada banyak sekali jenis website yang sering kamu jumpai, antara lain yaitu :
1. Personal
2. Toko Online
3. Media (youtube)
4. Hiburan (facebook)
5. Organisasi
6. Komunitas (kaskus)
7. Perusahaan

Bersamaan perkembangan teknologi internet serta pemakaian internet buat berbagai kebutuhan.

Jenis-jenis Situs web baru juga terus bermunculan serupa Media Sharing (Youtube, Imageshack), Cloud (Google Drive, Dropbox), Website Application, dll.

Namun pada tulisan kali ini saya akan fokus menulis tiga jenis website yang familiar sering digunakan, yaitu :

  1. Blog,
  2. Company Profile, dan
  3. E-commerce (toko online)

akan saya kupas satu persatu kita awalai dari blog, jangan lupa siapkan kopi agar kamu lebih leluasa saat membaca tulisan ini.

apa itu Blog

Blog berasal dari kata Weblog yang merupakan gabungan dari dua kata Web dan Log, kata Web yang dimaksud di sini adalah Halaman Web dan Log berarti catatan.

Jadi, Blog merupakan suatu situs yang berisi mengenai catatan, tulisan, postingan, ataupun data berguna yang lain yang senantiasa diperbarui secara disiplin.

apa penting membangun Blog?

Di dalam dunia digital marketing, Blog adalah salah satu cara kamu mendatangkan Traffic atau calon pelanggan.

Melalui Blog kamu bisa menyampaikan berbagai data informasi yang berkaitan atau relevan dengan produk yang kamu miliki baik barang maupun jasa.

Dengan menulis di dalam sebuah Blog kamu juga bisa membangun branding perusahaan maupun personal kamu.

Contohnya pada tulisan yang lagi kamu baca, ini sesungguhnya ialah salah satu tulisan Blog.

Apakah kamu seseorang penulis novel, pembicara ataupun motivator, agen asuransi, member MLM, jasa tour serta travel, serta sebagainya.

Kamu dapat memakai Blog buat membangun branding sekalian mendatangkan calon pelanggan baru.

Yes, jadi itulah pengertian website dan jenis-jenis website, menarik bukan? Saya yakin saat ini di benak kamu terlintas, “Wah, saya harus punya website nih, tapi bagaimana cara buatnya ya?”

Untungnya saya punya kabar gembira untuk kamu! saya membuka ecourse website buat kamu yang pemula dan yang ingin mendalami website builder, cek disini apa saja yang kamu dapatkan di ecourse nanti.

jika kamu sudah memiliki Blog, kamu bisa memulai membangun bisnis digital affiliate, ingin menjadi affiliate marketing baca disini bagaimana memulai bisnis online dengan affiliate marketing

Company Profile, website apa itu ?

website yang berisi tentang informasi dari sebuah perusahaan. kamu harus memiliki sebuah Website Company Profile apabila ingin perusahaan kamu dapat berkembang di tengah gelombang internet.

Dengan mempunyai suatu Web Company Profile kamu bisa menghadirkan serta membagikan data mengenai industri kamu kepada pihak lain yang memerlukan,

baik itu pelanggan/klien, prospek( calon pelanggan), ataupun partner dari industri kamu.

apa penting punya website Company Profile

Menurut hasil riset Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2014 pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 88,1 juta.

Jadi apabila saat ini kamu belum memiliki Company Profile, kemungkinan besar kamu telah melewatkan banyak sekali segmen pasar baru yang penting dalam pertumbuhan bisnis kamu.

Misalnya kamu mempunyai suatu industri di bidang rental mobil di kota Pontianak serta sekitarnya, di mana kamu sudah mempunyai satu buah Web Company Profile yang memaparkan secara lengkap tentang industri Kamu.

Suatu ketika ada seseorang dari Jakarta yang akan berlibur di kota Pontianak dan membutuhkan jasa sewa mobil.

Setelah itu dia membuka Search Engine (Google.com) buat mencari info dengan mengetik“ sewa mobil di Pontianak” di kolom pencarian, pendek cerita dia mendapatkan Web Company Profile kamu serta kesimpulannya memutuskan memakai jasa kamu.

dari 88. 1 juta orang pengguna internet telah tentu sebagian besar memakai Search Engine (Google, Yahoo, Bing) buat mendapatkan data ataupun mencari suatu yang mereka butuhkan.

Bisa dibayangkan berapa banyak calon pelanggan baru yang bisa kamu peroleh setiap harinya apabila kamu memiliki Website Company Profile?

kira-kira apa aja yang harus di isi dalam website company Profile?

Company Profile merupakan salah satu Public Relations yang merepresentasikan sebuah perusahaan dan memiliki peranan sangat penting karena menjadi kesan pertama perusahaan kepada calon pelanggan atau rekan bisnis.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu ada di dalam sebuah Company Profile, yaitu:

  • Sejarah berdirinya perusahaan
  • Struktur organisasi perusahaan
  • Kualitas sumber daya perusahaan
  • Kinerja perusahaan
  • Produk barang/jasa perusahaan
  • Kontak perusahaan

Toko Online atau E-Commerce

e-Commerce adalah sebuah website untuk menawarkan barang yang dijual secara online, di mana proses penjualan dan pembelian (transaksi) dilakukan secara online.

Walaupun tidak menutup kemungkinan proses pembayaran juga bisa dilakukan secara offline yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash on Delivery) yaitu pembayaran dilakukan bersamaan saat barang telah diterima oleh pembeli.

Ada dua jenis Website Toko Online yang efektif yaitu Website Produk Spesifik dan Website Brand Store, penjelasan lengkap mengenai kedua jenis website ini beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing bisa Anda baca di sini.

Mengapa perlu membangun Toko Online?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Brand & Marketing Institue (BMI) Research tentang pertumbuhan industi belanja online di Indonesia,

belanja online di Indonesia pada tahun 2015 diprediksikan tumbuh hingga 57% atau meningkat dua kali lipat dari tahun 2014.

Menurut hasil riset BMI Research tersebut, pada tahun 2014 perputaran transaksi belanja online mencapai Rp 21 Triliun

dengan nilai rata-rata belanja per orang dalam setahun mencapai Rp825.000,-

dengan asumsi nilai belanja yang sama maka di tahun 2015 diprediksikan nilai transaksi belanja online bisa mencapai Rp 50 Triliun.
Wow, Fantastis!

Melihat pertumbuhan belanja online yang sangat pesat, tentu ini menjadi potensi yang sangat besar untuk kamu.

khususnya bagi kamu yang saat ini telah memiliki usaha toko secara offline, memproduksi barang, atau memiliki akses harga terbaik untuk suatu produk (mungkin kamu punya akses langsung ke pabrik/produsen, atau importir).

kebutuhan tampilan membangun Toko online
Di dalam sebuah Website Toko Online terdapat gambar/foto dari produk-produk yang dijual sedemikian rupa sehingga terlihat menarik

sama seperti sebuah etalase yang sering Anda jumpai pada toko offline.

Biasanya sebuah Website Toko Online juga menyediakan layanan Customer Service sebagai tempat untuk bertanya-tanya seputar produk seperti halnya seorang pramuniaga pada toko offline.

Berikut adalah beberapa hal yang harus ada di dalam sebuah Website Toko Online :

  • Daftar produk-produk yang Anda jual
  • Penjelasan detail dari sebuah produk
  • Informasi mengenai promo dan produk best seller
  • Halaman untuk melakukan order/pemesanan
  • Kontak Customer Service

CMS Website

CMS adalah software atau program yang membantu Anda membuat, mengembangkan, memodifikasi, mengatur sebuah website tanpa harus memiliki kemampuan spesifik mengenai coding.

CMS adalah alat yang akan membantu Anda melewati proses pembuatan kode program atau sistem yang berfungsi sebagai tempat dimana Anda menyimpan halaman dan konten lain pada hosting.

CMS akan membuat Anda langsung fokus menentukan desain, membuat konten, dll.

CMS memiliki dua bagian penting, CMS (Content Management Application) dan CDA (Content Delivery Application).

CMS adalah bagian yang membuat Anda dapat menambah dan melakukan manajemen konten.

Sementara CDA adalah proses internal (tidak terlihat) yang membuat konten tersebut dapat disimpan dengan baik dan bisa dilihat oleh publik.

Cara CMS bekerja sama dengan banyak para developer baik itu perorangan maupun perusahaan membuat plugin agar website terlihat lebih profesional dan lebih mudah perawatannya

CMS adalah salah satu alasan kenapa jumlah website semakin hari semakin banyak dan berkembang. CMS berhasil meningkatkan animo dan meyakinkan publik jika membuat website itu tidaklah sulit.

Setelah Anda mengetahui apa itu CMS website, Anda tentu penasaran CMS mana saja yang paling banyak digunakan oleh para webmaster.

Selain CMS ada juga yang disebut mockup website. Apa itu mockup website dan apa perannya dalam dunia “perwebsite-an”?

Mockup adalah semacam desain atau rancangan website yang dibuat dengan menggunakan aplikasi desain. Selain aplikasi desain, ada juga aplikasi yang khusus digunakan untuk membuat mockup.

Setelah mockup dibuat oleh seorang desainer, mockup tersebut akan dijadikan website dengan CMS atau secara manual.

Untuk Anda yang kebingungan dalam membuat website, kami memiliki rekomendasi layanan pembuatan website di bikin.

website dengan berbagai layanan serta fitur yang bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan.

  1. wordpress
  2. Drupal
  3. Joomla
  4. Squarespace
  5. wix

Para pembaca Pengertian website dan fungsinya terlengkap 2020, semoga artikel ini bermanfaat, berikan masukan pada kolom komentar sesuai dengan judul pada artikel ini, agar saya mendapatkan masukan yang positif untuk tulisan-tulisan saya kedepan. masukan anda sangat berharga untuk saya. salam sukses edy sugianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

nineteen − 14 =

shares