Panduan facebook ads pemula

Pada artikel ini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang Facebook ads pemula. Panduan Facebook ads ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk bisnis mereka. Mungkin Anda baru saja membuka toko online dan mencari cara untuk menghasilkan penjualan pertama Anda. Saat ini anda berada pada situs web yang tepat, karena panduan Facebook ads ini sangat cocok untuk Anda.

mungkin tampilan pengaturan akun iklan anda berbeda dengan tampilan pada artikel ini, di karenakan facebook melalukan update setiap saat. tapi prinsip dasar beriklan di facebook tetap sama.

Apakah Anda sedang mencari panduan untuk menjalankan Facebook ads? Panduan Facebook Ads pemula adalah cara paling efektif untuk mempromosikan produk Anda ke lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia. Anda akan dapat menargetkan pemirsa tertentu dengan beriklan di Facebook, sehingga Anda akan mendapatkan banyak informasi penting dari panduan Facebook ads pemula ini.

Jika Anda hanya seorang pemula, mungkin tampak sedikit rumit. Tapi jangan khawatir. Dalam panduan Facebook ads ini, Anda akan mempelajari semuanya mulai dari pixel dan pelacakan konversi hingga berbagai tujuan kampanye dan tools yang misterius.

Saya akan membagikan dasar-dasar Facebook ads pemula. Dengan demikian, Anda dapat meluncurkan kampanye Facebook ads pertama yang sukses tanpa membuang-buang waktu atau uang Anda.

yes, yub kita mulai!

Mengapa Facebook Ads?

lebih dari 2,45 miliar pengguna aktif setiap bulannya di Facebook, beberapa pelanggan potensial Anda pasti menggunakan platform ini. Pertanyaannya adalah bagaimana cara agar mampu menjangkau audiens secara efektif.

Facebook ads menawarkan para pengusaha e-commerce memilih penargetan yang luas. Terutama, Anda dapat menjangkau orang tidak hanya berdasarkan lokasi (negara, negara bagian, kota, dan bahkan kode pos), jenis kelamin, dan usia, tetapi juga oleh minat, perilaku, peristiwa kehidupan, dan banyak alternatif lainnya.

Selain itu, Anda dapat mempromosikan hampir semua konten yang cocok untuk bisnis Anda menggunakan alat Facebook ads dari posting teks, foto dan album, hingga video, acara, penawaran, dan, tentu saja, tautan ke situs web Anda.

Ketika Anda menggabungkan basis pengguna yang sangat besar, opsi penargetan yang luar biasa, dan berbagai tujuan iklan, menjadi jelas mengapa Facebook ads benar-benar alat yang ampuh untuk pemasaran e-commerce. Kami telah memecah cara kerja Facebook ads di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja  Facebook Ads?

Di bagian panduan Facebook ads ini, Anda akan mempelajari dasar cara kerja Facebook ads.

Tujuan Facebook adalah menemukan cara paling efektif untuk mengalokasikan ruang iklan terbatas yang mereka miliki.

Mereka mencapainya dengan menjalankan ribuan lelang setiap detik, para pengiklan bersaing satu sama lain. Jika Anda memenangkan lelang, Anda akan ditagih dan iklan Anda akan ditampilkan kepada pemirsa yang Anda tentukan.

Dan berapa biaya iklan Facebook?

Yah, itu tergantung.

Karena lelang ini, biaya iklan Facebook akan tergantung pada banyak faktor. termasuk negara yang menjadi target iklan Anda, pemirsa, penempatan, dan seberapa baik mereka.

Misalnya, ada lebih banyak kompetisi di indonesia, jadi Anda harus membayar lebih banyak untuk mencapai jumlah orang yang sama dibandingkan dengan negara yang lebih murah seperti Thailand. Bahkan di Amerika, beberapa penonton bisa dua kali atau bahkan tiga kali lebih mahal untuk dijangkau. Satu-satunya cara untuk mengetahui adalah untuk menguji untuk bisnis Anda sendiri dan mengevaluasi hasilnya.

Bahkan, Facebook ads melibatkan banyak pengujian. Cobalah apa yang Menurut Anda akan berhasil dan sesuaikan kampanye Anda untuk mengoptimalkannya. Dan ingat, tidak ada yang namanya membuang-buang uang di Facebook, karena semua hal yang Anda pelajari dari trial and error akan membantu Anda dalam jangka panjang.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara kerja iklan Facebook, mari kita lihat cara membuat kampanye yang sebenarnya.

Untuk membuat proses lebih mudah, saya akan memecahnya menjadi tiga bagian:

  • Before
  • During
  • After

1. Panduan Facebook Ads : Before

Di bagian panduan Facebook ads ini, Anda akan mempelajari cara menyiapkan akun.

Jika belum membuat kampanye pada iklan Facebook, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan akun iklan di Pengelola Iklan Facebook.

Pengaturan Akun

Buka Pengelola Iklan Facebook dan pilih akun iklan Anda. Kemudian, klik “Pengaturan” di menu drop-down di kiri atas.

Setelah berada pada halaman tersebut, isi nama akun iklan Anda dan periksa apakah Anda membeli iklan untuk tujuan bisnis.

Selanjutnya, isi info secara lengkap tentang nama bisnis, alamat, negara, nomor PPN UE (jika berlaku), dan apakah Anda adalah agensi iklan.

 

Penagihan

Selanjutnya, tambahkan metode pembayaran baru.

Tetap di “Pengaturan”, pilih “Pengaturan pembayaran” dari menu sebelah kiri dan klik “Tambahkan Metode Pembayaran”.

Pilih cara yang ingin Anda bayar (dengan kartu, PayPal, atau kupon Facebook ads) dan masukkan detail pembayaran Anda.

Setelah selesai anda melengkapi data akun dan penagihan, mari kita lanjutkan untuk meneliti pemirsa Anda.

Panduan Facebook ads : Riset Pemirsa

Di bagian panduan Facebook ads ini, Anda akan mempelajari tentang pengaturan pemirsa.

Menemukan pemirsa yang tepat adalah bagian terpenting dari Facebook ads. Jika Anda memilih pemirsa yang tidak cukup relevan dengan iklan Anda, Anda akan membuang-buang sebagian anggaran Facebook penting Anda untuk menjangkau orang yang salah.

Untuk meneliti pemirsa Anda, ada tujuh pertanyaan penting yang perlu diingat sebelum menentukan siapa pemirsa Anda untuk strategi periklanan Facebook Anda. Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini tidak selalu rumit, tetapi dapat menjadi proses yang memakan waktu untuk mengumpulkan dan memverifikasi jawabannya. Ingat, pemirsa yang tepat memainkan peran utama dalam memutuskan keberhasilan iklan Facebook Anda.

1. Authority tokoh, pemimpin pemikiran, atau merek besar di niche Anda?

Langkah ini cukup mudah karena Anda hanya perlu menggunakan Google untuk melakukan penelitian tentang pemain kunci di industri, Anda dapat melakukan ini dengan memasukkan jenis industri yang Anda minati ke bilah pencarian dan melalui hasilnya satu per satu. Anda harus mencoba untuk menemukan sebanyak nama dan pemain di industri untuk menargetkan. Untuk buku atau majalah, Anda juga dapat menggunakan Amazon untuk melakukan penelitian Anda.

2. buku / majalah / surat kabar apakah pelanggan ideal Anda membaca?

Mirip dengan jawaban sebelumnya, Anda dapat melakukan penelitian untuk pertanyaan ini dengan menggunakan pencarian Google. Anda dapat melihat majalah apa yang populer di kalangan audiens target Anda, yang juga dapat Anda riset di Amazon dengan mencari di bagian buku. Biasanya, Anda tidak akan dapat menargetkan nama buku, tetapi Anda dapat mencoba menargetkan penulis buku-buku tersebut.

3. Acara apa yang mereka hadiri?

Ini bisa menjadi bagian yang sangat penting dari penelitian Anda karena biasanya, orang-orang yang sangat tertarik pada topik atau industri tertentu adalah orang-orang yang menghadiri konferensi atau acara. Jadi ini adalah kesempatan besar bagi Anda untuk mengetahui jenis kompetisi atau acara apa yang diminati kelompok target Anda, atau hadir.

Baca selengkapnya  cara membuat fanpage facebook unutk bisnis online anda

4. Situs web apa yang sering mereka lakukan?

Untuk memahami jenis situs web yang diminati audiens Anda, Anda dapat mempersempit pencarian Anda dengan melihat blog atau forum yang mereka kunjungi. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang apa yang dibicarakan audiens Anda atau kekhawatiran dan masalah mereka.

5. Di mana mereka tinggal?

Pertanyaan ini dapat penting tergantung pada apakah Anda tertarik untuk menjual produk yang tidak baik hanya di wilayah geografis tertentu.

6. Alat apa yang mereka gunakan?

Untuk menjelaskan pertanyaan ini dengan benar, Anda dapat melihat jenis alat apa yang digunakan audiens Anda. Misalnya, platform e-commerce menggunakan banyak alat analitik, alat konten, alat pemasaran, dll. Untuk contoh lain, ini bisa menjadi alat yang menyederhanakan atau terkait dengan aktivitas atau produk yang diperhatikan audiens Anda.

7. Apa yang benar-benar unik tentang kelompok ini?

Pertanyaan ini mungkin memerlukan pemikiran yang lebih dalam. Renungkan sifat atau fitur tertentu dari audiens Anda yang unik dan menonjol.
Ketika datang ke penargetan dengan iklan Facebook, saya ingin mendapatkan super spesifik. Misalnya, bidik ukuran pemirsa di Indonesia yaitu antara 50.000 dan 100.000 orang. Jika itu negara yang lebih kecil, calon penonton juga bisa lebih kecil.

Anda harus menghindari penggunaan minat umum seperti alam, olahraga, atau makanan. Pilih merek yang sangat spesifik: merek, penulis, buku, majalah, situs web, atau bahkan halaman Facebook lainnya yang relevan. Jika Anda ingin maju dari permainan dengan iklan Facebook Anda, Anda harus meneliti minat apa yang pelanggan Anda miliki.

Untuk mengidentifikasi mereka, Anda harus pergi ke Wawasan Pemirsa Facebook. Anda dapat mengaksesnya dari Pengelola Iklan Facebook sendiri dengan memilih “Wawasan Pemirsa” dari menu tarik-turun di kiri atas.

Langkah pertama adalah memasukkan “seed audience” yang ingin Anda analisis pada sidebar.

Kemudian, klik “Page Like” pada menu bagian atas dan gulir ke bawah untuk melihat daftar halaman lain yang relevan dengan pemirsa yang Anda tetapkan.

pada contoh di atas, kita dapat melihat bahwa orang-orang yang tertarik juga mengikuti halaman tertentu seperti “The Color Run”, “Planet Fitness”, “Whole Foods Market”, dan banyak lainnya.

Jadi, alih-alih menggunakan “running” sebagai minat untuk mempromosikan sepatu lari Anda, tip iklan Facebook yang bagus adalah memilih minat seperti “The Color Run”, “Planet Fitness”, atau “Walking” untuk penargetan Anda untuk menjangkau orang yang lebih relevan.

Setelah Anda membuat daftar minat potensial dan memutuskan produk mana yang akan dipromosikan, anda dapat mulai membuat kampanye iklan Facebook tersebut.

2. Panduan Iklan Facebook: During

Cara Membuat Kampanye Iklan Facebook:

Di bagian panduan Facebook ads ini, Anda akan mempelajari cara membuat kampanye Facebook ads Anda.

Ada tiga cara utama untuk meluncurkan kampanye iklan Facebook:

  • Mempromosikan postingan di halaman Facebook
  • Self-serve ads create tool
  • Power Editor tool

Mempromosikan postingan adalah cara tercepat dan termudah konten Anda terjangkau ke banyak orang, tapi kurang efektif untuk iklan anda. Jadi, untuk strategi Facebook ads, saya sarankan Anda menghindari menggunakan cara tersebut.

Power Editor tool, di sisi lain, agak terlalu rumit, terutama untuk pemula yang baru mulai belajar cara beriklan di Facebook. Meskipun memberi Anda semua fitur kampanye yang Anda inginkan, itu tidak intuitif untuk digunakan.

Jadi dalam panduan Facebook ads pemula ini, saya akan mencoba membuat iklan di Pengelola Iklan Facebook dengan cara Self-serve ads create tool atau Buat Iklan sendiri.

Memilih Tujuan Kampanye Anda

Pertama, buka halaman “Pengelola Iklan – Pembuatan” dengan mengklik tautan ini atau mengklik “Buat Iklan” di halaman utama Pengelola Iklan Facebook Anda.

Anda akan segera melihat daftar tujuan kampanye utama yang dapat Anda pilih.

 

Ada 11 tujuan kampanye (meskipun beberapa hanya dapat diakses melalui Power Editor), dan Anda harus selalu dengan salah satu yang paling relevan dengan tujuan akhir Anda. Ini mungkin hanya tampak seperti keputusan satu klik, tetapi sangat penting bagi strategi Facebook ads Anda. Salah satu alasannya adalah karena Anda tidak dapat mengubah tujuan Anda di kemudian hari. Jadi, perlu diingat bahwa tujuannya harus menjelaskan tujuan utama iklan Anda.

Alasannya – Facebook melakukan banyak optimasi secara otomatis. Bergantung pada tujuan kampanye yang Anda pilih, Facebook akan mencoba menghasilkan hasil yang paling murah untuk Anda.

Jika Anda mempromosikan toko online dengan Facebook ads, Anda harus memilih “Traffic” dan “Konversi” karena itulah yang akan dioptimalkan Facebook untuk — klik situs web atau konversi situs web. Untuk menggunakan yang terakhir, Anda perlu menyiapkan beberapa pelacakan tambahan di toko Shopify Anda, yang akan kami bahas lain kali.

Kali ini, kami akan bertujuan untuk mengarahkan traffic ke toko online Anda jadi pilih “Traffic”.

Selanjutnya, Anda harus memutuskan nama kampanye dan apakah ingin melakukan pengujian A/B dan mengoptimalkan anggaran di seluruh ad sets. Untuk menjaga hal-hal sederhana, kita akan meninggalkan dua yang terakhir off untuk saat ini dan klik “Continue”.

Ini akan membawa Anda ke halaman berikutnya, di mana hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menamai set iklan Anda dan memilih Trafik. facebook ads mencari pelanggan untuk mengklik ke toko online Anda, pilih “Situs Web”.

Kami juga akan menonaktifkan “Materi iklan dinamis” dan “Penawaran” untuk saat ini.

Langkah berikutnya dalam panduan Facebook ads yang sangat penting. Agar upaya Facebook ads Anda efektif, Anda harus menentukan pemirsa, anggaran, dan jadwal.

Pilih Pemirsa 

Menemukan pemirsa yang tepat sangat penting untuk menemukan winning campaign iklan facebook, sehingga Anda harus memilih lokasi, usia, dan jenis kelamin pemirsa Anda.

Salah satu pertanyaan Facebook ads yang paling populer adalah: Apa yang harus menjadi tolak ukur audience ?

Ukuran pemirs atau audience akan bergantung pada negara tempat pemirsa Anda berada. Jadi, menurut ukuran dan populasi negara yang ditargetkan, ukuran audiens Anda akan bervariasi.

Misalnya, ukuran penonton di Indonesia akan jauh lebih besar daripada di Malaysia karena perbedaan ukuran pasar mereka. Biasanya, ketika menargetkan pasar indonesia tanpa minat tertentu atau dengan audiens serupa, ukuran audiens yang sempurna adalah sekitar 500.000 orang.

Ada baiknya untuk menargetkan audiens kecil ketika Anda menggunakan penargetan berbasis minat dengan minat yang sangat spesifik dan Anda yakin bahwa tidak ada orang kecuali audiens yang Anda diinginkan dapat dicapai di sana. Saat menargetkan audiens kecil, coba gunakan tujuan kampanye “Interaksi”, ini memungkinkan Anda menjangkau semua orang di pemirsa tersebut.

Selain itu, yang terbaik adalah menghindari menggabungkan audiens dari berbagai negara. Saya sarankan hanya menggunakan satu negara per set iklan. Tetapi jika audiens target Anda terlalu kecil untuk melakukan itu, coba kelompokkan negara serupa.

Misalnya, audiens Indonesia harus selalu berdiri sendiri karena pasarnya berbeda dari negara-negara lain. Membeli iklan di amerika lebih mahal daripada di negara lain.

Juga, negara-negara Skandinavia atau Baltik dapat dikelompokkan karena pasar mereka pada dasarnya sama, serta harga iklan. Selain itu, perilaku konsumen serupa di negara-negara Skandinavia. Hal yang sama akan berlaku untuk negara-negara Baltik.

Baca selengkapnya  Bagaimana Membuat Iklan Kreatif Facebook Ads

Tips Facebook ads yang praktis adalah menghindari membuat asumsi demografis atau berdasarkan usia saat memulai kampanye iklan pertama Anda. Kelompok usia terbesar di Facebook adalah anak berusia 18 hingga 24 tahun dan berusia 25 hingga 34 tahun, tetapi mungkin Anda akan menemukan tambang emas di generasi yang lebih tua. Itulah mengapa harus mencoba menargetkan semua kelompok usia dan setelah beberapa hari atau beberapa waktu, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan data.

Selanjutnya, pilih satu atau beberapa minat yang telah Anda temukan ke bagian “Penargetan terperinci”.

Anda bahkan dapat menggunakan kombinasi minat dengan menggunakan fitur Narrow Audience – misalnya menargetkan orang-orang yang tertarik pada semua hal di atas AND “Whole Foods Market”:

Dengan melakukan itu, Anda akan memastikan bahwa Anda menjangkau pemirsa yang paling relevan, yang berarti respons yang lebih tinggi terhadap iklan Anda.

“Perluasan penargetan terperinci” dapat membantu meningkatkan performa Anda karena meningkatkan jangkauan iklan anda di luar demografi yang telah anda tetapkan. Ini dimulai hanya ketika algoritma Facebook mendeteksi potensi untuk membuat Anda lebih murah dan / atau hasil yang lebih baik. Kami akan membiarkan ini dicentang.

 

Tentukan Penempatan

Langkah selanjutnya adalah memutuskan apakah Anda ingin set iklan ditempatkan secara otomatis sebagaimana ditentukan oleh algoritme Facebook, yang dikonfigurasi untuk memaksimalkan anggaran iklan, atau penempatan manual Anda.

Di sini, kita akan menuju ke opsi penempatan otomatis yang direkomendasikan.

 

Atur Anggaran dan Jadwal

Setelah menemukan pemirsa yang optimal dan memutuskan bagaimana Anda ingin iklan Anda ditempatkan, Anda harus memutuskan anggaran dan jadwal Anda.

Mereka yang benar-benar baru untuk Facebook ads mungkin menemukan langkah ini sedikit rumit. Alasannya adalah bahwa dengan biaya Facebook ads, tidak ada yang diatur dalam batu. Kondisi pasar yang berbeda mungkin mengharuskan Anda untuk menetapkan anggaran Anda secara berbeda.

Jadi, dalam langkah panduan Facebook ads pemula, saya akan mencoba untuk menghilangkan kebingungan yang mungkin Ada dalam pikiran Anda.

Pertama, tentukan bagaimana Anda ingin penayangan iklan dioptimalkan. Pilih dari “Tampilan halaman landing”, “Klik tautan”, “Tayangan”, dan “Jangkauan unik harian”.

Di bagian “Kontrol biaya”, Anda juga dapat memilih preferensi bidding. Ini layak artikel terpisah hanya untuk topik yang satu ini, tetapi saya biasanya menyarankan dimulai dengan opsi default: mengoptimalkan klik tautan ke konversi situs web Anda.

Beralih ke anggaran dan jadwal. Jangan takut untuk menetapkan anggaran harian yang lebih besar pada hari pertama karena ketika Anda baru memulai kampanye, Facebook tidak akan dapat membelanjakan seluruh anggaran pada hari pertama.

Dan jika Facebook ads Anda berhasil, Anda tidak perlu meningkatkan anggaran. Jika Anda tidak puas, Anda selalu dapat mengubahnya lagi, tetapi itu akan memberi Anda data informasi yang jauh lebih baik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Menaikkan anggaran adalah tindakan sensitif dan perlu ditangani dengan hati-hati. Sebagai aturan umum, jika Anda memutuskan untuk meningkatkan anggaran Anda, lakukan dengan maksimum 30 hingga 40 persen dan jangan membuat perubahan apa pun dalam dua hingga tiga hari berikutnya.

Kemudian, pilih apakah akan menjalankannya terus-menerus atau antara tanggal tertentu. Jika Anda baru mengenal Facebook ads dan belum terbiasa dengan jadwal terbaik untuk kampanye Anda, Anda dapat membiarkannya sebagai pengaturan default yang ditawarkan oleh Facebook. Dengan cara ini, Facebook akan menjalankan iklan Anda terus menerus.

Jika Anda memutuskan untuk menetapkan tanggal mulai dan berakhir untuk jadwal Anda dan Anda melihat bahwa itu tidak berfungsi dengan baik untuk Facebook ads Anda, Anda selalu dapat kembali dan mengubah jadwal.

Setelah selesai dengan pengaturan, klik “Lanjutkan”.

Identitas

Di sini, pilih halaman Facebook tempat Anda akan menjalankan iklan. Anda juga dapat menghubungkan akun Instagram jika ingin menampilkan iklan di Instagram.

Desain Iklan Anda

Ini adalah salah satu aspek terpenting dari panduan Facebook ads. Ada dua cara untuk membuat iklan: dari awal atau memilih postingan yang sudah ada yang sudah Anda publikasikan di halaman Anda.

Selain itu, putuskan apakah Anda ingin menggunakan satu gambar atau video di iklan Anda, atau buka beberapa gambar (juga dikenal sebagai “Carousel” atau iklan multi-produk):

Jika Anda ingin mempromosikan beberapa produk dari kategori yang sama dalam satu iklan, buka beberapa format gambar. Jika Anda hanya memiliki satu penawaran tertentu, pilih “Gambar atau video tunggal”.

Selanjutnya, pilih media untuk iklan Anda: gambar, tayangan slide, atau video. Saya sarankan mulai dengan menggunakan gambar untuk iklan Anda.

Anda dapat memilih hingga enam gambar saat membuat kampanye Facebook ads baru, yang akan membuat hingga enam variasi iklan kampanye Anda.

Dengan membuat beberapa iklan, Anda dapat melihat gambar mana yang bekerja dengan sebaik-baiknya. Anda dapat memilih iklan ini dan menjeda iklan lainnya untuk menghemat anggaran iklan.

Ukuran gambar yang disarankan adalah 1200 x 628 piksel dan saya sarankan menyimpannya dalam format .png.

Teks & link

Setelah gambar, lanjutkan ke bagian teks Facebook ads Anda.

Di sini, masukkan teks primer, judul, dan deskripsi yang akan digunakan untuk iklan Anda. Teks akan muncul di atas gambar dan judul tepat di bawahnya.

Untuk judul, Anda memiliki batas karakter 25 simbol, dan untuk teks posting, Anda memiliki 90 karakter.

Teks utama

Pertama-tama, pastikan Anda menambahkan proposisi nilai dalam teks utama Anda. Dalam teks ini, Anda juga akan ingin menekankan nilai produk Anda membawa kepada pelanggan potensial Anda.

Hal kedua yang harus dimasukkan adalah ajakan bertindak yang jelas. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak selalu harus melakukan ajakan bertindak apa pun pada gambar iklan itu sendiri. Ajakan bertindak harus dengan sangat jelas menyatakan apa yang Anda cari dengan kampanye Anda. Jika Anda ingin orang membeli dari Anda, gunakan “Belanja Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Dapatkan Satu Sekarang”, dll untuk menarik perhatian mereka.

Ketiga, tambahkan tautan ke landing page pilihan Anda. Anda harus memberi pengguna Anda kesempatan sebanyak mungkin untuk mengklik dan mengunjungi toko Anda.

Judul

Judul Anda harus pendek dan harus mengungkapkan karakteristik utama produk Anda. Jika nilai jual utama Anda adalah harga produk, gunakan dalam judul Anda untuk menekankan seberapa terjangkau harganya.

Jangan gunakan lebih dari satu titik penjualan di sini karena judul akan terlalu panjang dan Anda akan membingungkan calon pelanggan Anda dengan terlalu banyak informasi, yang bisa datang sebagai memaksa.

Deskripsi

Deskripsi bersifat opsional. Algoritma Facebook akan memutuskan apakah akan menampilkan ini tergantung pada relevansinya dengan pemirsa. Meskipun demikian, iklan mungkin tidak selalu muncul dan posisinya di iklan juga tidak tetap.

Link

Selanjutnya, kita akan menentukan link. Pilih jenis tujuan yang dikunjungi iklan Anda. Karena facebook ads akan mendorong trafik ke toko online, pilih “Situs Web”.

Jangan lupa untuk memasukkan URL halaman toko Anda. Anda juga dapat menggunakan tautan singkat (tautan tampilan) alih-alih URL lengkap. Ini sepenuhnya opsional tetapi bekerja dengan baik jika URL lengkap terlalu panjang.

Baca selengkapnya  cara mendapatkan uang dari facebook adbreaks

 

Call To Action (CTA) – Tombol Ajakan

Selanjutnya, pilih CTA opsional. CTA bertindak cenderung mendapatkan ulasan beragam. Di satu sisi, ada baiknya untuk memiliki CTA yang terlihat jelas di dekat gambar iklan tempat Anda ingin orang mengklik. Di sisi lain, ini menempatkan lebih banyak elemen ke gambar iklan Anda, yang mengalihkan perhatian orang dari apa yang benar-benar penting produk Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tombol CTA pada banner Anda, gunakan roda warna RGB untuk memutuskan warna mana yang harus tombol Anda. Metode ini sederhana. Lihatlah warna utama banner Anda, menemukannya pada roda warna RGB, dan kemudian melihat warna yang berlawanan dari itu. Ini adalah warna CTA Anda harus.

Ada beberapa alasan Anda tidak boleh menambahkan terlalu banyak teks ke gambar Anda. Yang pertama adalah aturan teks 20 persen Facebook. Ini berarti bahwa tidak lebih dari 20 persen gambar Anda harus ditutupi dengan teks (logo dikecualikan). Facebook tidak menyetujui iklan, meskipun mereka memiliki lebih dari 20 persen teks di dalamnya, tetapi akan menurunkan penayangan iklan. Alasan lain adalah elemen tambahan pada gambar akan mengalihkan perhatian dari produk itu sendiri.

Selain itu, Anda tidak boleh menggunakan teks di atas gambar Anda karena Facebook memberi Anda banyak ruang di atas dan di bawah gambar iklan untuk Anda tulis tentang produk Anda, harganya, dan di mana audiens Anda bisa mendapatkannya.

GAMBAR

Bahasa dan Pelacakan

Dua langkah terakhir di sini adalah “Bahasa” dan “Pelacakan”.

Di bagian “Bahasa”, Anda dapat memilih apakah anda ingin iklan anda diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa lain atau menyediakan terjemahan anda sendiri. Hal ini berguna jika Anda beriklan kepada orang-orang dalam berbagai bahasa dalam satu kampanye.

Pelacakan berguna untuk mengukur hasil yang dapat Anda gunakan dan analisis nanti untuk lebih meningkatkan kampanye iklan Facebook mendatang yang dapat Anda buat.

Setelah puas dengan semua hal di atas, periksa kembali setelan kampanye, lalu klik “Konfirmasi”.

Selamat – Anda baru saja membuat kampanye iklan Facebook pertama Anda!

3. Panduan Periklanan Facebook: After

Di bagian panduan iklan Facebook ini, Anda akan menguasai cara mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang efektivitas iklan Anda dengan menganalisis laporan.

Beberapa negara, kelompok usia, jenis kelamin, minat, penempatan, dan performa iklan akan lebih baik daripada negara lain. Hal yang paling penting tentang pengoptimalan adalah Anda tidak boleh mulai mengoptimalkan kampanye satu hari setelah menjalankannya.

Biarkan algoritme Facebook mempelajari tentang pemirsa Anda. Biasanya, untuk mulai optimal membuat beberapa perubahan pada kampanye tiga atau empat hari setelah memulainya. Hal ini juga berlaku untuk penyesuaian anggaran dan mengakhiri kampanye – tunggu tiga hingga empat hari sebelum membuat keputusan konklusif akhir.

Yang benar-benar menakjubkan adalah Anda dapat menemukan semua informasi tersebut dalam laporan iklan Anda di Pengelola Facebook ads, jadi biasakan untuk kembali setiap beberapa hari dan mengevaluasi kampanye Anda.

Misalnya, di bagian “Kolom”, Anda dapat memeriksa laporan “Performa & Klik” untuk melihat performa iklan secara keseluruhan.

peraturan praktis, bertujuan untuk mencapai setidaknya tingkat klik-klik satu persen di Kabar Beranda Desktop atau Kabar Beranda Seluler.

Jika Anda mendapatkan tingkat -klik- yang sangat tinggi, itu berarti bahwa penawaran, pemirsa, dan desain iklan Anda bekerja dengan baik. Jika Anda melihat bahwa Anda tidak mencapai satu persen, Anda akan ingin melanjutkan pengujian. Untuk memanfaatkan kampanye iklan Facebook Anda, Anda dapat menguji produk lain atau pemirsa lainnya. Ini akan membantu toko e-commerce Anda tumbuh dalam jangka panjang.

Selain itu, lihat berapa banyak klik yang Anda terima dan berapa biaya per klik untuk iklan dan pemirsa yang berbeda. Ini akan membantu Anda merencanakan kampanye Facebook ads anda selanjutnya.

Terakhir, periksa perincian hasil kampanye Facebook Iklan Anda berdasarkan segmen.

Dengan “Breakdown”, Anda dapat menganalisis hasil dengan sangat cepat dengan berbagai segmen. Misalnya, berbagai negara, usia, jenis kelamin, dan penempatan, dan mengidentifikasi permata tersembunyi yang berfungsi dengan baik.

Umur
Cari kelompok usia konversi terbaik, dan dorong seluruh anggaran iklan di sana. Jika pemirsa Anda cukup besar, dan beberapa kelompok usia berkinerja baik, Anda dapat membaginya menjadi beberapa set iklan untuk mendapatkan pengujian yang jelas. Ini adalah ide yang baik, terutama ketika kelompok usia 18-24 dan 35-44 tampil. Karena Anda tidak bisa hanya mengecualikan kelompok usia di antara mereka, dalam situasi ini, Anda harus membagi kampanye.

Gender
Jika Anda melihat bahwa pria atau wanita lebih banyak mengonversi produk Anda, kecualikan jenis kelamin lain dan fokus pada produk dengan rasio konversi yang lebih tinggi.

Negara/Wilayah
Proses ini lebih memakan waktu dibandingkan dengan yang lain. Sebaiknya jangan mengoptimalkan berdasarkan wilayah di awal. Jika Anda menargetkan beberapa negara berbeda dalam set iklan yang sama, masuk akal untuk mengoptimalkan apakah ada negara tertentu yang menyeret performa set iklan.

Penempatan Iklan
Jika Anda memulai dengan umpan berita desktop dan seluler, Anda perlu tahu apakah pelanggan Anda mengunjungi toko Anda dan membeli produk lebih banyak di perangkat seluler atau di desktop mereka. Lihat metrik perincian penempatan dan kecualikan penempatan yang tidak berkonversi saat membakar sebagian besar anggaran Anda.

Temukan peluang tersembunyi tersebut, edit kampanye iklan Anda, dan fokus pada segmen yang memberikan hasil terbaik.

Tips Facebook ads

  • Saat Anda melihat bahwa set iklan berkinerja terbaik Tidak lagi berkinerja baik, kloning dan mulai ulang. Dengan cara ini biasanya Anda akan mendapatkan ROI besar lagi.
  • Pemanasan banner baru Anda untuk mendapatkan bukti sosial pada mereka. Algoritma Facebook masih menyukai posting dengan banyak reaksi, komentar, dan berbagi.
  • Mulailah dengan anggaran yang sedikit lebih besar daripada yang ingin Anda belanjakan. Facebook tidak akan membelanjakan seluruh anggaran harian Anda di awal, tetapi Anda tidak perlu menyesuaikannya jika set iklan berfungsi. Menyesuaikan anggaran adalah topik yang sangat sensitif. Cukup sering, algoritme mengacaukan kinerja set iklan Anda jika Anda menyesuaikan anggaran terlalu banyak atau terlalu sering.
  • Sebelum menonaktifkan set iklan, coba ubah gambar iklan yang Anda gunakan. Sering kali itu turun ke kebutaan banner yang menyebabkan ROI rendah. Mengubah gambar, menunggu beberapa hari, dan kemudian memutuskan.

Kesimpulan Panduan Facebook ads Pemula

Selamat! Anda telah menyelesaikan panduan Facebook ads pemula ini. Sekarang setelah Anda mengetahui semua tentang Facebook ads untuk pemula, Anda siap membuat kampanye Facebook ads pertama Anda untuk mempromosikan produk e-commerce Anda.

Selain itu, Anda dapat meneliti pemirsa, memilih setelan kampanye, dan mendesain iklan.

Anda juga harus merasa nyaman dengan menganalisis performa kampanye dengan meninjau metrik performa yang berbeda. Misalnya, tarif klik-masuk, biaya per klik, dan perincian, yang akan mengarah pada keputusan iklan yang jauh lebih baik.

Sekarang, saatnya Anda mengikuti langkah-langkah di atas dan membuat kampanye iklan Facebook pertama Anda yang sukses.

Salam sukses..!

Mau belajar membuat website dari dasar tanpa harus jago koding

ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

2 × 2 =

shares