Kelas Online Belajar Website, Cara Praktis Bikin Website Dari Rumah

Kelas Online Belajar Website, Perkembangan era digital yang semakin meroket seolah memaksa kita semua untuk melek teknologi, guna mengembangkan potensi diri maupun bisnis. Salah satunya dengan cara memiliki website.

Terlebih, membuat website yang bagus ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Banyak kelas-kelas belajar bikin website yang bisa diikuti. Namun mengingat kondisi pandemi seperti sekarang ini, rasanya mobilitas semua orang agak terhambat untuk bepergian.

Untungnya masih ada kelas online belajar website yang memungkinkan kita bisa tetap belajar kapan dan di mana saja.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas online belajar website dengan kurus offline di lembaga-lembaga pendidikan komputer.

Perbedaan paling mendasar hanya pada tempat kita mempelajarinya. Sedangkan materi yang dipelajari tentu akan sama saja. Tutor professional akan memandu peserta belajar dari nol sampai bisa melalui sambungan internet.

Program kelas online belajar website saat ini sudah sangat mudah ditemukan. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Keduanya pasti memberi kepuasan tersendiri bagi yang mempelajarinya.

Untuk kelas  online belajar website gratis, kita memang tidak perlu keluar uang sama sekali. Tinggal klik link yang disediakan, lalu kita bisa tonton video tutorial membuat website.

Di satu sisi memang menguntungkan, namun program-program gratis seperti itu umumnya bersifat satu arah saja. Artinya, kita sebagai peserta belajar hanya bisa pasif. Sedangkan pada program kelas online belajar website berbayar, sistem belajarnya menggunakan aplikasi webinar sehingga tutor bisa menyampaikan materi secara live sebagaimana mengajar di kelas offline.

Enaknya sistem belajar seperti ini memungkinkan terjadinya interaksi dua arah antara peserta belajar dengan pengajar. Peserta belajar tetap bisa berkomunikasi atau berdiskusi dengan tutor maupun peserta belajar lainnya. Jadi ada feedback nyata walaupun dilakukan secara online.

Biaya Kelas Online Belajar Website

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kelas online belajar website ini terdiri atas dua opsi: berbayar dan gratis. Khusus untuk kelas berbayar, biayanya bervariasi. Mulai dari 200 ribu hingga jutaan rupiah.

Perbedaan harga ditentukan berdasarkan jumlah pertemuan online, volume materi yang dibagikan, kredibilitas praktisinya, dan fasilitas lainnya untuk, semisal sertifikat berstandar internasional untuk peserta belajar yang telah lulus.

Penyelenggara kelas online belajar website terkemuka biasanya memuat materi yang lebih padat dibanding lainnya. Materi yang dibagikan bukan sebatas tutorial membuat website saja, tapi juga sejumlah pengetahuan lain yang berkenaan dengan website. Contoh:

  • Jenis-jenis website beserta manfaatnya.
  • Tipe-tipe hosting berikut manfaatnya.
  • Belajar menganalisa kebutuhan bisnis.
  • Rahasia memilih nama domain yang tepat supaya bisa tampil di halaman pertama mesin pencari sesuai standar kualifikasi yang ditentukan.
  • Mendesain layout website supaya menarik dan membuat visitor terkesan, sekaligus punya nilai komersial.
  • Optimasi file-file gambar.
  • Cara mengantisipasi bahaya atau ancaman (pembobolan) terhadap situs dalam rangka pemeliharaan jangka panjang.

Semua itu tentu kurang memuaskan bila hanya dipelajari melalui video tutorial saja. Pastinya diperlukan tutor andal yang akan menggembleng peserta belajar. Biaya yang harus dipersiapkan memang lebih besar, namun penyelenggara berani memberi jaminan peserta belajar sampai mahir.

Kelas Online Belajar Website Terbuka Untuk Umum

Pada mulanya, situs website sangat terbatas sekali jumlahnya. Sebab, kala itu website hanya diperuntukkan bagi para peneliti dan perusahaan-perusahaan adidaya sebagai media bertukar informasi.

Tetapi seiring berjalan waktu siapa yang menduga bahwa jumlah situs website di seluruh dunia bertambah kian banyak.

Di penghujung tahun 2018 telah terdata sebanyak 1,94 miliar situs website di seluruh dunia dengan jumlah pengguna internet mencapai angka 4,1 miliar jiwa.

Peningkatan siginifikan tersebut menandakan bahwa pengguna website telah meluas, bukan lagi terbatas untuk kalangan tertentu saja.

Website dianggap sebagai salah satu media yang efektif untuk menyebarkan segala macam informasi. Bahkan, kemudahan atas akses internet membuat orang lebih suka mencari informasi melalui website dibandingkan buku, majalah, atau koran.

Kini, website juga bukan sebatas media penyebar informasi, melainkan “lahan” baru untuk membangun personal branding, menyalurkan hobi menulis, mempelajari sesuatu yang baru, menghasilkan uang, hingga promosi produk dagangan.

Begitu luasnya fungsi website tak ayal  bila latar belakang penggunanya semakin random. Mulai dari kalangan ilmuwan, pekerja kantoran, pelaku UMKM, bahkan ibu rumah tangga.

Maka dari itu, kelas online untuk belajar website juga boleh diikuti oleh siapa tanpa terkecuali. Baik yang sudah punya skill dasar di bidang IT maupun yang masih “mentah”.

Selama ada kemauan, program belajar website secara online ini terbuka untuk segala umur, gender, dan profesi.

Program seperti ini bukan sebatas agar kita bisa bikin dan mengurus website sendiri saja, melainkan bekal untuk mendapatkan penghasilan di masa yang akan datang.

Siapa tahu suatu masa nanti kita bisa menawarkan jasa pembuatan website pada yang membutuhkan.

Tarifnya lumayan besar, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah per website.

Persiapan Sebelum Bergabung Di Kelas Belajar Website Online

Semangat adalah modal pertama yang dibutuhkan sebelum mempelajari sesuatu. Semangat mendorong kita untuk tetap tekun walau kelak terbentur berbagai kendala.

Namun, semangat saja pun tidak cukup. Harus tetap didahului dengan beberapa persiapan khusus sebelum mengikuti kelas belajar website secara online supaya hasilnya maksimal.

Berikut ini beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

  • Persiapkan gadget yang mendukung serta jaringan internet yang memadai. Kedua hal ini mutlak ada karena 100% kegiatan belajar mengajar nantinya berbasis online. Pastikan gadget yang dimiliki dilengkapi fitur kamera serta dapat menampung aplikasi-aplikasi tatap muka, seperti Webinar, Zoom, dan sebagainya. Pastikan juga jaringan internet yang tersedia memadai supaya aktivitas belajar berlangsung lancar.
  • Pilih penyelenggara kursus atau kelas online tepercaya. Bukan perkara sulit mencari lembaga penyelenggara kelas belajar website secara online. Sebab saat ini ada banyak sekali lembaga-lembaga kursus komputer yang menyelenggarakannya. Letak kesulitannya justru saat harus memilih satu yang terbaik di antara semua. Persaingan bisnis yang sedemikian ketat kerap kali membuat penyelenggara berlomba-lomba melakukan promosi. Namun, tidak semua kalimat promosi yang menggiurkan itu terbukti nyata. Sebagian justru sekadar iming-iming belaka. Agar tidak salah pilih, cek dulu kredibilitas penyelenggara yang ingin diikuti melalui internet. Atau, mintalah rekomendasi dari orang-orang yang pernah mengikuti kelas belajar online lebih dulu.
  • Pastikan penyelenggara mudah diakses baik melalui internet ataupun jalur telepon. Akan sangat menguntungkan lagi apabila praktisinya bersedia dihubungi di luar jadwal belajar untuk konsultasi materi yang belum dipahami.
  • Pilih paket belajar yang sesuai dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki. Jangan sampai memilih paket dengan muatan materi yang terlampau banyak padahal kita tidak butuh semuanya.
  • Pilih penyelenggara yang menyediakan sertifikat bagi lulusannya. Sertifikat dibutuhkan sebagai bukti otentik bahwa skill peserta telah diakui.

Begitulah kiranya gambaran kelas online belajar website. Jika punya waktu luang yang cukup, kegiatan ini sangat layak diikuti untuk menambah skill sekaligus upgrade diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

four + eight =

shares