Mau Jago membuat Website

Tahukah Anda apa itu algoritma Google?

Sebagian dari Anda pasti sudah banyak yang pernah mendengar tentang algoritma Google ini.

Agar tidak sekedar tahu saja, kali ini kami akan membahas tuntas seputar algoritma Google yang keberadaannya cukup menyita perhatian dari tahun ke tahun.

Langsung saja, berikut adalah pembahasan mengenai algoritma Google, jenis-jenis, dan berbagai cara agar website terbaca oleh algoritma Google.

Apa Itu Algoritma Google?

Perlu Anda ketahui bahwa algoritma Google merupakan sebuah sistem ranking yang dibuat oleh Google dengan tujuan agar pengguna Google bisa mendapatkan pencarian dengan hasil yang lebih relevan dan membantu.

Dengan hanya mengetikkan kata kunci, Google bisa mendeteksi informasi yang Anda cari dengan cepat berkat adanya algoritma Google ini.

Adanya algoritma Google tentu sangat membantu penggunanya setiap saat, namun juga menjadi sebuah tantangan bagi penyedia website, penyedia artikel dan sejenisnya.

Karena penyedia website harus mematuhi algoritma Google jika ingin ranking website nya muncul di pencarian tinggi.

Apabila kata kunci pada website tidak sesuai dengan yang telah ditentukan, maka jangan berharap ranking akan naik ya!

Cara Kerja Algoritma Google

Lalu bagaimana caranya agar bisa sesuai dengan algoritma Google?

Ternyata ada beberapa hal yang perlu dipahami mengenai cara kerja algoritma Google lho! penasaran seperti apa cara kerja algoritma Google?

Secara umum ada 5 faktor yang mempengaruhi hasil pencarian di Google, Berikut penjelasannya!

1. Arti Kueri

Apa itu arti Kueri?

Arti kueri berarti bahwa Google harus memahami yang sedang dicari oleh pengguna. Google akan mengidentifikasi kebutuhan pengguna dengan mencari tahu tujuan pencariannya.

Sebagai contoh adalah ketika Anda ingin mencari informasi mengenai “baju” maka Google akan memberikan rekomendasi yang cukup luas.

Namun jika Anda memasukkan kata kunci “baju tidur” maka Google akan lebih mudah memberikan rekomendasi yang lebih spesifik.

2. Kualitas Konten

Tentu saja, dalam Google ada jutaan halaman untuk setiap kata kunci yang dicari oleh pengguna.

Dan tentu saja tidak semua kata kunci dapat ditampilkan oleh Google, hanya konten yang berkualitas, informatif dan sesuai dengan kata kunci saja yang akan muncul di algoritma.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan keberadaan algoritma pageRamk agar artikel di website Anda bisa muncul di setiap halaman.

3. Konteks dan Pengaturan

Kita pasti tahu bahwa setiap pengguna internet memiliki pengaturan masing-masing untuk ponsel pintarnya.

Cara kerja algoritma Google selanjutnya adalah pengaturan hasil pencarian dari setiap gadget yang mencakup mengenai lokasi pengguna, pengaturan pencarian dan juga riwayat pencarian.

Jadi jika Anda ingin website terbaca algoritma dengan baik, jangan lupa atur konteks dan pengaturan terlebih dahulu.

4. Relevansi Halaman

Selanjutnya mengenai relevansi halaman apakah sesuai dengan kata kunci yang dicari atau belum.

Semakin jelas kata kunci yang digunakan, maka Google bisa dengan mudah menampilkan maksud Anda secara relevan.

Namun, jika kata kunci masih kurang tepat, jangan berharap informasi dapat muncul di algoritma Google ya!

5. Kegunaan Halaman

Dan yang terakhir adalah mengenai kegunaan halaman, ternyata adanya halaman juga mempengaruhi kualitas konten yang akan terdeteksi algoritma Google lho!

jadi pastikan bahwa halaman website Anda termasuk cukup responsif, mudah dimuat, aman dari berbagai plagiarisme, memiliki UI yang bagus dan lain sebagainya.

Perhatikan beberapa poin diatas agar website Anda terbaca algoritma Google ya!

Jenis-jenis Algoritma Google yang Unik

Dari beberapa penjelasan diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa adanya algoritma Google sangat membantu konten kreator di website atau Google agar mampu bersaing secara sehat sesuai dengan standart yang diberikan oleh pihak Google.

Nah, ada berapa jenis-jenis algoritma Google selama ini?

diantaranya adalah:

Algoritma Google Panda

Pasti Anda belum terlalu kenal dengan jenis algoritma Google Panda kan?

Meskipun namanya lucu, namun fungsi utama dari jenis ini cukup penting lho!

Jadi terciptanya algoritma Google Panda berfungsi untuk memantau dan memfilter konten berkualitas rendah yang biasanya menggunakan teknik keyword stuffing, spamming user dan lain sebagainya.

Dengan demikian, para websiter dan blogger mulai mengutamakan kualitas konten yang diciptakan agar tidak tertahan oleh algoritma satu ini.

karena, algoritma Google Panda siap untuk menghilangkan atau menurunkan peringkat website atau blog yang memuat konten melanggar aturan atau tidak berkualitas.

Algoritma Google Penguin

Pernahkah Anda membuat konten yang dimuat di Google dengan cara blackhat?

Jika pernah jangan berharap konten tersebut aman karena algoritma Google Penguin siap untuk menenggelamkan situs tersebut dengan mudah.

Konten yang tidak lolos pada algoritma jenis ini adalah konten yang ditandai dengan anchor text yang tidak relevan, link yang terlihat tidak natural, juga tata bahasa kurang tepat.

Jika Anda ingin konten selamat dari algoritma Google Penguin silakan untuk mengikuti pedoman Google Webmaster yang telah diberikan dan tidak membuat pelanggaran-pelanggaran yang merugikan banyak pihak.

Algoritma Google Pirate

Risih dengan adanya konten bajakan atau plagiarisme yang muncul mendominasi di hasil pencarian?

Tenang, hal tersebut tidak akan lagi terjadi berkat adanya algoritma Google Pirate.

Jenis ini sangat menentang adanya perbajakan, plagiarisme dan sejenisnya yang sangat melanggar peraturan.

Beberapa konten yang mudah terbaca oleh algoritma jenis ini adalah website download film, download musik, lagi dan sejenisnya yang disebarluaskan secara gratis.

Algoritma Google Pigeon

Selanjutnya adalah algoritma Google Pigeon yang siap untuk mendukung penuh bisnis lokal berbasis online.

Adanya algoritma Google Pigeon tentu sangat membantu Anda yang ingin mencari tempat makan melalui Google.

Dengan hanya mengetikkan kata “tempat makan” maka akan dimunculkan berbagai pilihan tempat makan yang dekat dengan lokasi Anda.

Selain itu, Google Pigeon juga berfungsi untuk menentukan kualitas SEO Off Page yang ada pada sebuah website.

Algoritma Google Venice

Berbeda dengan jenis sebelumnya, algoritma Google Venice berfungsi untuk menyesuaikan hasil penelusuran berdasarkan lokasi pengguna.

Jadi tak heran jika Anda selalu mendapatkan informasi mengenai tempat, berita dan rekomendasi di Indonesia karena Google Venice mampu mendeteksi keberadaan Anda di Indonesia.

Jika tidak ada algoritma ini, maka satu dunia akan muncul di mesin pencarian Anda.

Algoritma Google Hummingbird

Selanjutnya yaitu algoritma Google Hummingbird, bisa dikatakan algoritma satu ini menjadi algoritma penyempurnaan karena didalamnya berisi jejak-jejak algoritma yang kami sebutkan diatas.

Adanya algoritma Google Hummingbird adalah untuk membantu agar keyword yang diketikkan oleh pengguna mampu menghasilkan konten yang memang sedang dibutuhkan.

Jenis ini meluncur pada 2013 dan masih terpakai sampai sekarang.

Algoritma Google Medic

Dan jenis yang terakhir yang akan kami bahas kali ini adalah algoritma Google Medic.

Ini adalah algoritma Google yang berfungsi untuk memfilter konten kesehatan agar pengguna bisa mendapatkan informasi yang benar.

Sehingga jika informasi kesehatan disampaikan oleh website atau blog yang kurang kredibel, oleh Google Medic tidak akan ditampilkan di laman Anda.

Algoritma ini sangat membantu khususnya di kasus Covid-19 yang telah kita lalui bersama tahun lalu.

Cara Mudah agar Konten Website Lolos dari Algoritma Google

Ternyata cukup banyak ya jenis-jenis dari algoritma Google yang sudah terpakai sampai saat ini.

Adanya algoritma Google tentu akan membuat pengguna bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan, sesuai dengan harapan dan terhindar dari konten yang tidak berkualitas.

Lalu bagaimana dengan para pembuat konten seperti artikel dan berita yang dimuat di Google agar lolos dari algoritma Google? Berikut penjelasannya!

Buat Konten yang berkualitas

Sesuai dengan standar yang diberikan, algoritma Google tentu tidak akan menghalangi konten yang berkualitas muncul di mesin pencarian pertama.

Konten yang berkualitas dan sesuai dengan keyword yang ditentukan tentu sangat membantu sebuah website lolos dari deteksi algoritma Google.

Jadi silakan coba cara ini agar berhasil ya!

Lakukan Riset Keyword

Masih berhubungan dengan poin pertama, keyword yang sesuai tentu akan membuat website Anda mudah muncul di halaman pertama di mesin pencarian.

Sehingga konten yang berkualitas saja tanpa ditunjang dengan keyword yang tepat juga cukup sulit untuk lolos dari algoritma Google.

Silakan untuk riset keyword terlebih dahulu dengan poin keyword yang sesuai dengan volume pencarian dan kompetisi pencarian.

Optimasi Gambar yang Menarik pada Website

Anda tentu tidak boleh lupa bahwa pembaca atau penonton juga tertarik dengan visualisasi yang menarik dan tidak monoton.

Jadi, disarankan juga untuk mengoptimasi gambar pada konten yang Anda buat.

Ini adalah salah satu cara yang membuat website Anda mudah dicari di Google dan lolos dari algoritma, lho!

pastikan gambar yang dimuat tidak terlalu besar agar tidak menyebabkan loading di website Anda ya!

Buat Konten yang Mudah di Share di Media Sosial

Nyatanya, sekarang ini keberadaan media sosial juga cukup mempengaruhi di Google, lho!

Jadi gunakan kesempatan tersebut untuk lebih mengenalkan konten Anda kepada pembaca dengan cara mencantumkan ikon media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan sejenisnya.

Meskipun sebenarnya tidak berpengaruh besar terhadap peringkat di Google, namun cara ini membuat traffic konten Anda semakin cepat untuk meningkat.

Gunakan Google My Business

Sudahkah Anda kenal dan menggunakan Google my Business?

Ternyata ini juga sangat berpengaruh terhadap peringkat konten di mesin pencari, lho!

Google Bussines mampu membantu pengguna mampir ke konten Anda yang sesuai dengan keyword.

Jika ingin mencoba Google my Business, silakan pelajari dan praktikkan sekarang juga.

Coba Membuat Iklan Google Ads

Dan cara terakhir agar konten website lolos dari algoritma Google dan bisa muncul di laman pertama adalah dengan membuat iklan Google Ads.

Bisa dikatakan ini adalah cara paling praktis dan pasti berhasil meskipun berbayar.

Adanya iklan Ads, membuat konten Anda muncul di laman pertama ketika pengguna mengetikkan keyword.

Tapi ingat, pastikan kualitas, keywords dan konten bermanfaat bagi pengguna agar iklan yang Anda gunakan tidak sia-sia.

Itulah informasi lengkap yang dapat kami sampaikan mengenai algoritma Google kali ini.

Pastikan beberapa poin diatas Anda pahami dengan betul agar konten di website bisa lolos dari algoritma Google dan bisa muncul di pencarian teratas Google.

Baca selengkapnya : Pahami dulu apa itu google adword

Semoga informasi yang kami berikan kali ini bermanfaat ya!

Berita Populer

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan Sampai Kelewatan update tips terbaru
dari edy sugianto

Untuk mendapatkan update tips menjadi internet marketer yang berpenghasilan terbaru, langsung daftarkan email anda. tidak dipungut biaya :

shares

GRATIS VIDEO BISNIS ONLINE

Masukan Email dan Nama Anda