Tutorial Lengkap cara membuat website 2020 pemula

Lagi mencari metode membuat situs website simpel dengan gampang serta kilat? Kamu telah berada pada postingan yang pas. melalui postingan ini Kamu akan belajar secara lengkap gimana metode membuat website dengan gampang serta kilat.

Oiya, siapa pun dapat menjalankan panduan membuat website di postingan ini. Karena di panduan ini Kamu tidak membutuhkan coding sama sekali. Yap, benar sekali, Kamu tidak butuh coding sama sekali saat membuat website!

Gimana metode membuat website tanpa coding sama sekali? Ikuti penjelasannya dari dasar ini ya!

Lima (5) langkah Metode Membuat Website menggunakan nama domain anda Sendiri
Kamu dapat mulai membuat website dengan 5 langkah simpel berikut:

  1. Tentukan Tipe Website
  2. Tentukan Platform Website
  3. Riset Nama Domain
  4. Install WordPress serta Sesuaikan Tampilan
  5. Optimasi Pengaturan Website

Nampak gampang, bukan? Di dasar ini kami hendak menarangkan poin per poin gimana metode membuat website dengan gampang. Ikuti hingga akhir ya!

Tentukan Tipe Website

Daftar Isi

Saat sebelum mengulas soal teknis metode membuat website, langkah awal yang butuh Kamu jalani merupakan memastikan tipe website semacam apa yang mau Kamu buat.

Dengan memastikan tipe website yang pas, Kamu hendak memiliki bayangan konsep website semacam apa yang hendak Kamu bangun. Ini akan mempengaruhi pada pemilihan paket website hosting, domain, serta tema yang hendak Kamu pakai.

Jadi di langkah awal ini, tentukan tipe web yang hendak Kamu buat terlebih dulu. Terdapat banyak tipe web yang dapat Kamu seleksi.

Berikut merupakan sebagian tipe web yang sangat terkenal:

Web toko online.

Inilah tipe website bisnis buat menjual produk secara online. Baik buat produk benda, produk digital ataupun jasa.

Bisnis online tidak bisa lagi ditatap sebelah mata sebab pertumbuhannya sangat pesat. Tidak cuma itu, membuat toko online pula lumayan gampang, apalagi untuk pendatang baru.

Web individu.

Web ialah tipe web yang mengutamakan pembaharuan data. Tidak heran, web secara universal menunjukkan data terkini di bagian sangat atas. Suatu web dapat digunakan oleh individu ataupun bisnis. Keutamaan dari web merupakan kemudahan buat membangun engagement berkat terdapatnya kolom pendapat.

Web portofolio.

Web portofolio digunakan buat membangun bukti diri online secara handal. Dengan memajang karya Kamu di web, hendak terus menjadi gampang untuk orang di segala dunia mengenali kemampuan Kamu. Web portofolio berarti untuk Kamu yang bekerja di industri ataupun pekerja lepas( freelancer).

Web Berita.

web Nerita ialah tipe web yang berisi postingan kabar terkini. Dapat digunakan buat menunjukkan kabar di daerah tertentu ataupun topik spesial. Jadi, tidak butuh menunggu jadi media besar buat mempunyai web berita ini. Kuncinya, memperkenalkan data aktual serta kredibel.

Web forum.

Web forum dapat jadi wadah berbagi data untuk suatu komunitas secara online. Mulai dari komunitas otomotif, teknologi sampai penggemar kuliner. Bila Kamu mempunyai komunitas yang anggotanya berasal dari bermacam daerah, membuat suatu web bagaikan forum berbagi sangatlah pas.

Tipe web semacam apa yang mau Kamu buat?

Bila telah memastikan tipe web, ayo beranjak ke metode membuat website berikutnya, ialah memastikan platform web.

Tentukan Platform Website

Semacam yang telah disebutkan di dini, Kamu dapat buat website tanpa butuh pengetahuan coding sama sekali. Kamu tidak butuh memakai code HTML, CSS apalagi PHP. Tidak hanya rumit, metode membuat website dengan langkah tersebut hendak membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Kemudian gimana metode membuat website tanpa coding sama sekali?

Solusinya merupakan memakai WordPress!

Dengan WordPress, Kamu bisa membuat website dengan gampang tanpa wajib memahami pemrograman. Kamu cuma butuh sekali klik instalasi, memasukkan nama, deskripsi web, serta memilah template, web Kamu telah bisa digunakan serta diakses lewat internet.

Berita baiknya, Kamu dapat membuat website free memakai WordPress. Walaupun free bukan berarti web yang dihasilkan WordPress tidak baik. Apalagi kebalikannya, Kamu dapat membuat website free dengan mutu terbaik memakai WordPress.

Telah banyak industri besar yang mempercayakan websitenya kepada WordPress. Sebagian di antara lain merupakan SONY Music, Microsoft News Center, The Walt Disney Company, serta The New York Times Comapny.

Baca selengkapnya  Kelas Online Belajar Website, Cara Praktis Bikin Website Dari Rumah

Riset Nama Domain

agar Produk atau informasi yang ingin kamu informasikan melalui website, kamu harus tentukan nama yang cocok agar branding produk kamu lebih mudah. lakukanlah riset terlebih dahulu untuk mencari nama domain yang sesuai. karena nama domain tidak bisa di edit setelah kamu sewa ke penyedia domain.

Berlanggan hosting Cek Bonus dari saya Disini

Seleksi Hosting

Sehabis memastikan WordPress bagaikan platform pembuatan web, saat ini saatnya Kamu memilah layanan hosting buat web Kamu.

Hosting berperan buat menaruh seluruh file web sehingga bisa diakses secara online. Seluruh file semacam tema, plugin, bacaan, media, kode HTML, sampai draft konten tersimpan di hosting.

Intinya seluruh pergantian yang Kamu buat di WordPress hendak ditaruh di hosting ini. Jadi Kamu butuh memilah layanan hosting dengan hati- hati sebab seluruh informasi web Kamu hendak tersimpan di hosting.

Hosting sendiri mempunyai sebagian tipe, ialah shared hosting, cloud hosting, serta VPS. Tiap tipe hosting memiliki kelebihan serta kekurangannya tiap- tiap.

Berikut merupakan 3 tipe hosting yang sangat banyak digunakan:

Shared Hosting

Shared hosting ialah layanan hosting yang lumayan terkenal di antara 3 tipe hosting. Tipe ini sangat terkenal sebab biayanya yang relatif terjangkau serta gampang digunakan.

Tidak cuma murah serta gampang, shared hosting pula umumnya didukung oleh layanan support. Jadi kala terdapat terjalin permasalahan, Kamu dapat menghubungi customer support.

Oleh karenanya, shared hosting sesuai digunakan oleh pendatang baru yang baru mulai membuat website.

Apa saja kelebihan lain dari Shared Hosting?

Kemudahan Instalasi. Kamu tidak butuh bimbang dengan instalasi serta konfigurasi WordPress buat web Kamu. Seluruh dapat dicoba dengan sekali klik.

Performa Dapat Diandalkan. Web Kamu hendak bekerja lebih baik dengan sokongan website server dengan teknologi terkini.

Free Domain serta SSL. Kamu dapat membangun web dengan lebih kilat serta gampang dengan keamanan yang terjamin.

Unlimited Bandwidth. Kamu leluasa memakai bandwidth cocok dengan pemakaian yang normal.

Dengan bermacam kelebihan tersebut, shared hosting sesuai digunakan buat web individu, web portofolio, sampai toko online.

Cloud Hosting

Cloud hosting dapat dibilang merupakan perpaduan kemudahan pengelolaan dari shared hosting serta kapasitas besar dari VPS hosting. Bila Kamu tidak memiliki kemampuan teknis mengelola VPS, tetapi mau memiliki kapasitas besar, cloud hosting merupakan pemecahan yang pas.

Sebagian kelebihan memakai Cloud Hosting merupakan:

Fully Managed. Kemudahan mengelola trafik yang besar walaupun tanpa kemampuan teknis.

Sumber Energi Besar. Kamu dapat membangun web yang sedikit kendala berkat terdapatnya sumber energi yang lebih besar.

Gampang Dikelola. Kebebasan memilah platform serta kemudahan instalasinya hendak menolong Kamu fokus pada pengembangan bisnis.

Proteksi Keamanan yang Baik. Terdapatnya proteksi dari malware, serta koneksi yang terenkripsi( SSL), web Kamu dapat lebih nyaman dari kendala.

VPS Hosting

VPS hosting mempunyai kapasitas energi tampung trafik lebih besar dibandingkan shared hosting. Tetapi, VPS cuma dianjurkan buat para pengembang yang telah memiliki kemampuan teknis. Bila memakai VPS, Kamu wajib melaksanakan konfigurasi server secara mandiri.

Layanan support yang disediakan terbatas sebab penyedia VPS hosting umumnya tidak memiliki akses ke server. Karena server dikelola secara mandiri oleh pengguna VPS hosting.

Apa kelebihan VPS Hosting yang lain?

  • Performa Maksimal.
    Sokongan fitur terbaik hendak membagikan performa web yang lebih maksimal tercantum dikala trafik lagi besar.
  • Reputasi Online Lebih Baik.
    Terdapatnya IP spesial buat melindungi reputasi online Kamu serta dapat didapatkan tanpa bonus bayaran.
  • Kebebasan Pengelolaan.
    Mulai dari memilah OS sampai Panel, Kamu mengelola web dengan lebih bebas.
  • Kemudahan Backup.
    Kamu dapat melaksanakan backup serta pemulihan web dengan lebih gampang. Lumayan dengan sekali klik.

Berkat sumber energi besar yang dimilikinya, VPS Hosting banyak dimanfaatkan buat tipe web semacam layanan streaming serta sejenisnya.

anda butuh layanan jasa pembuatan website klik banner di bawah ini,

Layanan Hosting Mana yang Pas buat Kamu?

Dibanding dari segi bayaran, shared hosting merupakan yang paling murah di antara ketiganya serta VPS merupakan yang termahal. Dari segi kemudahan pengoperasian VPS merupakan yang tersulit, sebaliknya shared hosting serta cloud hosting sama mudahnya sebab keduanya bertabiat fully managed.

Baca selengkapnya  Panduan kelas online membuat website pro Marketerjoss di tangerang telp/wa 0812-9311-2528

Bila dibanding dari segi kapasitas trafik yang dapat ditampung, VPS serta cloud hosting dapat menampung lebih banyak trafik dibanding shared hosting.

Ketiga tipe hosting tersebut sama baiknya bila Kamu telah mengerti apa yang Kamu butuhkan. Kamu butuh membiasakan opsi hosting dengan kebutuhan serta anggaran Kamu supaya dapat menciptakan web yang maksimal.

Telah memastikan tipe hosting mana yang hendak Kamu pakai?

Bila telah memilih, Kamu cuma butuh mengarah web penyedia hosting opsi Kamu serta beli paket hosting opsi Kamu.

Tentukan Nama Domain yang Menarik

Tidak hanya hosting, Kamu pula memerlukan domain buat membuat website.

Kenapa Kamu membutuhkan domain? Secara simpel, domain serta hosting merupakan alamat buat web Kamu.

Domain berperan bagaikan alamat web Kamu supaya orang- orang dapat dengan gampang mengakses web Kamu di browser. Misalnya, kala orang mau mendatangi situs web EdySugianto.com, mereka cuma butuh mengetikkan www.edysugianto.com di browser kemudian timbul web Edysugianto.

Domain tidak wajib senantiasa berakhir dengan. COM. Kamu dapat memilah salah satu dari bermacam opsi ekstensi domain yang terdapat. Dari. CO. ID,. Website. ID,. NET,. Kabar,. ONLINE,. SITE,. Web, sampai. XYZ.

Apakah telah terpikirkan nama domain buat web Kamu? Terdapat sebagian strategi buat memastikan nama domain yang dapat Kamu terapkan. Berikut merupakan 8 panduan buat memastikan nama domain:

Pakai perkata yang gampang dieja serta diingat

Jangan terpaku cuma pada. COM, Kamu dapat berkreasi dengan bermacam ekstensi domain unik lainnya

  • Jauhi pemakaian ciri hubung serta angka
  • Yakinkan nama domain opsi Kamu tidak berurusan dengan copyright orang lain
  • Buat nama domain yang pendek, padat, serta jelas
  • Sesuaikan nama domain dengan citra bisnis ataupun personal yang mau Kamu bangun
  • Sesuaikan dengan asal sasaran wisatawan Anda

Jangan tunda beli domain supaya domain impian Kamu tidak diambil orang lain

Install WordPress

Meski begitu di postingan ini kami senantiasa hendak mangulas metode install WordPress manual. Bila kurang ingat mengaktifkan fitur Auto Install WordPress kala membeli hosting, Kamu dapat menjajaki langkah- langkah di dasar ini.

( Apabila Kamu telah mengaktifkan fitur Auto Install WordPress, Kamu dapat lompat ke langkah berikutnya)

4. 1. Login cPanel

Login ke cPanel lewat tautan yang diinformasikan lewat email, umumnya semacam ini: http:// namadomainanda/ cpanel

4. 2. Buka Softaculous Installer

Pada bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER, klik logo WordPress

4. 3. Klik Tombol Install Now

4. 4. Seleksi Domain

4. 5. Isi Perinci Website

4. 6. Masukkan Username serta Password

4. 7. Instalasi Berakhir!

5. Optimasi Pengaturan WordPress

WordPress yang baru Kamu install merupakan WordPress tipe default. Jadi seluruh pengaturannya masih dasar. Kamu butuh melaksanakan optimasi pengaturan supaya dapat menciptakan web yang maksimal. kamu bisa simak video ini

Buat melaksanakan optimasi penganturan di WordPress, Kamu butuh login terlebih dulu ke dashboard WordPress. Berikut merupakan metode login ke dashboard WordPress:

Langkah 1. Buka www. domainanda. com/wp-admin

Langkah 2. Masukkan Username serta Password

Langkah 3. Voila, Kamu sukses masuk ke admin zona WordPress Kamu!

Sehabis sukses login WordPress, Kamu hendak ditunjukan ke dashboard WordPress. Dashboard ini merupakan tempat di mana Kamu dapat mengakses seluruh fitur yang disediakan WordPress, dari konfigurasi, plugin, sampai tema

Nah, di dashboard inilah Kamu dapat mengelola WordPress, dari mengganti pengaturan, menerbitkan konten, membuat taman, meningkatkan plugin, serta lain sebagainya.

Sehabis memasang WordPress, langkah berikutnya merupakan optimasi web. Sebab WordPress yang Kamu install masih dalam kondisi default, dibutuhkan sebagian optimasi pengaturan supaya kinerja web jadi optimal.

1. Seleksi Tema

Kala Kamu menginstall WordPress tanpa memilah tema, web Kamu hendak otomatis memakai tema default WordPress. Kamu dapat saja senantiasa memakai tema default.

Tetapi, bila Kamu merasa tidak sesuai dengan tema default WordPress, terdapat banyak opsi tema WordPress yang dapat Kamu seleksi. Yakinkan buat memilah tema original serta SEO friendly. Jauhi pemakaian tema bajakan yang dapat membahayakan web Kamu.

Baca selengkapnya  tips sukses di facebook marketing

Buat mengubah tema, buka dashboard WordPress kemudian klik menu Appearance
Themes
Add New

Setelah itu cari tema yang Kamu mau di kolom pencarian. Sehabis itu, seleksi salah satu tema serta klik Install

2. Buat Sitemap

Sitemap merupakan suatu catatan dari taman web yang bisa diakses oleh user serta search engine. Guna sitemap merupakan buat berikan petunjuk ke user serta search engine menimpa seluruh taman yang bisa diakses di web tersebut.

Terdapat sebagian metode membuat sitemap, ialah memakai Yoast SEO serta Sitemap XML. Buat uraian lebih lengkapnya, Kamu bisa tonton video ini.

3. Ganti Permalink

Secara default, WordPress menciptakan struktur permalink yang lumayan panjang. Struktur default tersebut berbentuk bertepatan pada dan nama URL. Contohnya semacam di dasar ini.

https:// edysugianto. com/ 2017/ 08/ 10/ judul- postingan

Permalink yang disukai oleh Google memiliki judul ataupun keyword. Setelah itu, permalink yang lebih pendek hendak membagikan performa yang lebih baik lagi. Kala memastikan permalink, kami menganjurkan supaya Kamu memakai Post Name. Metode ini hendak membuat keyword lebih gampang nampak kala web Kamu tampak di Google.

https:// edysugianto. com/ judul- postingan

Kamu bisa mengganti permalink lewat dashboard WordPress. Silakan seleksi menu Settings
Permalinks. Setelah itu seleksi radio button Post name serta klik tombol Save Changes buat menaruh pergantian.

kamu bisa nonton video di bawah ini cara agar artikel cepat terindex google

4. Install Plugin SEO

Bicara tentang web serta web tidak sempat lepas dari SEO. Secara simpel, SEO ataupun Search Engine Optimization merupakan tools yang membuat website Kamu bisa timbul di hasil pencarian Google serta mesin pencari yang lain.

Pengaturan SEO wajib dicoba semenjak web awal kali terbuat. Ada banyak sesi buat mengendalikan SEO WordPress di web Kamu. Salah satunya merupakan dengan memasang plugin SEO.

Plugin SEO mempermudah Kamu buat membangun SEO di web. Sebagian plugin yang harus Kamu install merupakan Yoast SEO serta SEO internal link. Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO terbaik dari WordPress. Penggunanya telah menggapai 5 juta serta terus meningkat.

Yoast SEO hendak menolong Kamu buat meningkatkan SEO title serta meta deskripsi buat artikel serta halaman web. Sebaliknya SEO internal link menolong Kamu buat meningkatkan internal link secara otomatis.

5. Atur Keamanan WordPress

Pengaturan keamanan default WordPress masih dasar sehingga dibutuhkan bermacam langkah optimasi supaya web jadi lebih nyaman. Jangan hingga web Kamu terserang serbuan hacker, virus, malware, bruteforce attack, ataupun serbuan beresiko yang lain.

Terdapat banyak langkah yang butuh Kamu jalani. Dari memakai password rumit, menginstall plugin keamanan, mengganti URL login, sampai mengamankan file serta database. Uraian lengkapnya bisa Kamu baca di mari.

6. Install Plugin Backup

Lebih baik menghindari daripada menyembuhkan. Pepatah tersebut pula berlaku kala Kamu mengelola web. Buat menjauhi kehabisan data- data berarti web, Kamu butuh melaksanakan langkah penangkalan dengan mempersiapkan back up.

Back up dapat Kamu jalani secara otomatis dengan memasang plugin back up semacam UpdraftPlus. Kamu bisa membaca uraian lengkap tentang metode install serta setting UpdraftPlus di postingan ini.

7. Install Google Analytics

Bila Kamu telah mengendalikan SEO WordPress dengan benar, besar mungkin hendak banyak trafik di web Kamu. Buat mengenali gimana sikap wisatawan web ataupun web, Kamu dapat memakai Google Analytics.

Google Analytics bisa menolong Kamu buat menguasai wisatawan web ataupun web. Apa yang mereka cari, postingan mana yang sangat banyak pembacanya, postingan manya yang kurang terkenal, berapa lama wisatawan membaca web ataupun web serta lain- lain.

Insight tersebut bisa Kamu manfaatkan buat dapat sediakan konten lebih baik buat wisatawan. Kamu bisa memasang Google Analytics dengan menjajaki langkah- langkah di postingan ini.

Telah Siap Membuat Website dengan Domain Sendiri?

Selamat! Kamu sudah sukses membuat website dengan domain sendiri memakai WordPress! Saat ini yang butuh Kamu jalani merupakan mengisi web Kamu dengan konten-konten terbaik.

Mau belajar membuat website dari dasar tanpa harus jago koding

ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

twelve − 1 =

shares