Cara jualan memanfaatkan facebook marketing dan facebook ads

Facebook adalah sosial media yang konsisten melakukan inovasi terus menerus sehingga para penggunanya dengan setia menggunakan sosial media yang satu ini. Menurut data dari Reynold D’silva yang merupakan Business Grup Head Facebook, jumlah pengguna aktif bulanan facebook di indonesia mencapai kisaran 82 juta orang sebagian besar (94 persen) pengguna facebook indonesia.

facebook marketing

Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak keempat didunia, yaitu :

  1. Amerika (194juta)
  2. India (130 juta)
  3. Brasil (120 juta)
  4. Indonesia (82 juta)
  5. Meksiko (60 juta)

Facebook juga menempati posisi ketiga “Top active sosial platform” menurut data wearesial.

data wearesial
data wearesial

Dari beberapa data di atas menunjukan seberapa potensialnya facebook untuk memasarkan produk. Seorang pebisnis mampu menjangkau customer baik yang dekat maupun yang jauh serta memperluaskan jangkauan pasar melalui facebook.

Atau jika kita rincikan alasan kenapa harus menggunakan facebook untuk chanel marketing adalah sebagai berikut :

  1. Indonesia merupakan Negara keempat terbanyak di dunia yang menggunakan facebook, dengan 82 juta pengguna menurut data pada tahun 2015
  2. Fasilitas pendukung untuk berbisnis sangat banyak di facebook, sehingga memudahkan kita untuk memperluas market.
  3. Bisa memilih dengan leluasa target market kita dengan menggunakan facebook ads
  4. Tidak membutuhkan ruang besar, karena hanya cukup laptop dan gadget, anda sudah bisa memulai berjualan di facebook.

Algoritma Facebook

Yang unit dari facebook adalah algoritmanya, jika anda memiliki 2000 teman di facebook, saat anda mengupdate status, tidak semua teman anda melihat status anda. Karena semua bergantung dari nilai Edge Rank, edge rank adalah algoritma yang digunakan facebook untuk menentukan konten apa yang akan muncul pada news feed atau timeline mereka. Melalui edge rank ini ditentukan postingan mana yang akan muncul di atas, di tengah, dan terjun ke bawah. Baca lebih lengkap disini

edgerank.net
edgerank.net

Viral pada Facebook

Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan agar konten anda bisa dilihat oleh banyak orang di facebook, diantaranya adalah:

  • Like, jika konten anda disukai oleh banyak orang sehingga banyak yang menyumbangkan “jempol” alias like pada konten anda, maka secara otomatis, konten anda berhasil memiliki peluang besar untuk dilihat oleh orang lain
  • Comment, jika anda berhasil memancing banyak komen pada konten anda, maka kemungkinan konten anda untuk muncul lagi di news feed si dia sangatlah besar.
  • Share, ketika konten anda berhasil menyentuh hati banyak orang, baik dari segi kelucuan, motivasi, manfaat, atau keharuan maka memperbesar konten anda dishare oleh orang lain, dan hal itu berpengaruh pada banyaknya orang yang akan melihat konten anda.
  • Interaksi, banyaknya interaksi yang terjadi pada anda atau akun fanspage anda akan mempengaruhi konten anda akan muncul lagi dan lagi pada news feed mereka.

bagaimana berjualan di facebook secara organik silahkan baca cara berjualan memanfaatkan facebook personal

Karena algoritma facebook ini terus berubah, dan sekarang berimbas pada fanpage, misalkan anda memiliki 10.000 fans, maka saat anda posting sesuatu pada fanspage tersebut, tidak semuanya melihat postingan anda, semua terfilter oleh sistem algoritma facebook yang biasa disebut news feed alghorithm.

Ketika anda post sesuatu di fanpage dan fans anda melihat post tersebut tanpa anda harus membayar apapun unutk melakukannya, ini dinamakan organic reach. Jika anda membayar untuk memperlihatkan sebuah post pada Fans, nama adalah paid Reach.

Makin tingginya persaingan konten dan adanya news feed algorithm, menyebabkan organic reach fan page semakin kecil. Menurut studi yang dilakukan oleh Edge Rank Checker, organik reach Fan Page semakin menurun dari waktu ke waktu.

Update terbaru news feed algorithm ini akan membuat organic reach anda lebih kecil lagi, khususnya jika anda membuat post yang memenuhi tiga kriteria tersebut.
Anda akan melihat organic reach anda mengecil dari waktu ke waktu jika konten yang anda share tergolong konten yang terlalu promosional.

Ini artinya, anda akan semakin sulit untuk berjualan sesuatu dengan mengandalkan organic reach dari fan page. Namun, tentunya anda dapat tetap menggunakan Facebook Ads unutk mengiklankan promotonal post pada target customer anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

sixteen + 5 =

shares