6 Fitur Simpel Menjaring Pelanggan di Facebook

6 Fitur Simpel Menjaring Pelanggan di Facebook, anda berada pada blog yang tepat, pada blog ini anda akan belajar cara memanfaatkan facebook sebagai media marketing online, ijinkan saya memperkenalkan diri saya, saya edy sugianto newbie yang terus belajar digital marketing, pada artikel ini saya akan menjelaskan cara menjaring calon customer di facebook

Sebenarnya, merancang strategi pemasaran di Facebook dapat dimulai dari memperhatikan perilaku penggunanya. Misalnya, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang sering dipakai atau jenis konten yang kerap diunggah. Dengan fitur dan konten tersebut, Anda bisa melaksanakan pemasaran di Facebook lewat event seperti kuis yang relatif cepat mengundang atensi pasar. Pelajari juga struktur dan fitur Facebook ads jika anda ingin beriklan di facebook.

Lantas, fitur dan layanan Facebook apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaring pelanggan?

Like

Like atau Suka adalah fitur paling simpel, sekaligus efektif untuk mendapatkan perhatian pengguna Facebook lewat kuis atau giveaway. Strategi yang Anda pasang juga tidak perlu menyulitkan. Cukup minta peserta mengeklik Like atau Suka pada Fanpage maupun foto yang dipakai untuk konten kontes. Dengan begitu, Anda bisa langsung berinteraksi sekaligus menganalisis target pasar.

Komentar

Selain Like, Komentar atau Comment menjadi fitur Facebook lainnya yang mampu menunjang strategi pemasaran melalui kuis. Untuk mengundang antusiasme peserta kontes, minta mereka memberikan komentar—bisa berupa opini atau teks lain sesuai kebutuhan—pada konten kuis yang disediakan. Anda lantas memilah pemenang dari pengguna dengan komentar paling menarik dan memenuhi persyaratan.

Permainan

Jangan langsung buru-buru memikirkan permainan sulit, karena permainan sederhana seperti susun kata atau tebak gambar tak kalah efektif untuk menarik minat pengguna Facebook. Sistem ini biasanya diawali dengan pendaftaran lewat kolom komentar, lalu peserta bisa mengirimkan jawaban setelah mengunggah data-data yang dibutuhkan untuk memenuhi aturan kontes.

Baca selengkapnya  Ads Manager Error (AME)

Gambar/foto

Jenis kontes berikutnya yang berpotensi mendongkrak pemasaran produk adalah mengunggah gambar atau foto. Anda dapat meminta peserta memasang gambar di Fanpage bisnis Anda atau akun pribadi yang disetting untuk publik. Tipe kuis ini biasanya dikombinasikan dengan fitur lain, contohnya unggah gambar dan pemenang akan ditentukan dari jumlah Like paling banyak.

Caption

Caption berbeda dengan Komentar, karena konteksnya tidak selalu berupa opini. Selain itu, Caption erat kaitannya dengan konten visual seperti gambar atau foto. Dalam hal ini, Anda bisa menyediakan gambar dan meminta peserta membuat Caption seimpresif mungkin atau membebaskan mereka menulis Caption pada gambar atau foto pilihan sendiri.

E-mail list

Langkah terakhir yang dapat Anda gunakan untuk strategi pemasaran Facebook adalah meminta para peserta mendaftarkan alamat surelnya ke e-mail list bisnis Anda. Dengan metode tersebut, Anda dapat mengumpulkan daftar surel untuk newsletter sekaligus berinteraksi dengan konsumen selepas kontes berakhir secara lebih eksklusif.

Baca Juga Artikel ini : Bagaimana membuat iklan kreatif facebook ads

Apa Keutungan menggunakan media facebook ads

Demikian enam fitur dan layanan Facebook yang dapat Anda manfaatkan untuk online marketing jitu. Semoga dengan tip di atas, Anda bisa mempromosikan produk secara maksimal sesuai target pasar dan menerapkan strategi-strategi bisnis lainnya untuk menjaring sekaligus mempertahankan para konsumen.

Mau belajar membuat website dari dasar tanpa harus jago koding

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

four + 3 =

shares